14 Oktober 2017

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

Hasil gambar untuk pelaku ekonomi

1.  Rumah Tangga Konsumen (Household Sector)
Dalam kegiatan ekonomi, konsumen pada dasarnya berperan sebagai pelaku kegiatan konsumsi. Selain itu, konsumen juga dapat berperan sebagai produsen yaitu produsen faktor-faktor produksi. Lebih jelasnya, berikut merupakan peran rumah tangga konsumen dalam kegiatan ekonomi.
a.    Sebagai pembeli. Hal ini ditunjukkan dengan membeli dan menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen;
b.    Sebagai penyedia (supplier). Sektor rumah tangga konsumen merupakan pemilik faktor-faktor produksi, seperti tanah, tenaga kerja dan modal, yang dibutuhkan untuk proses produksi barang dan jasa bagi perusahaan, pemerintah, maupun sektor luar negeri.
c.    Sebagai pembayar pajak kepada pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung.


2.  Rumah Tangga Produsen (Business Sector)
Sebagai pelaku ekonomi, produsen atau perusahaan memiliki peranan yang penting dalam perekonomian, yaitu sebagai berikut.
a.    Sebagai mitra usaha pemerintah dalam pengelolaan dan penyediaan kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
b.    Membantu dalam menggerakkan jalannya roda per­ekonomian nasional.
c.    Menjadi sumber pendapatan negara melalui pajak yang dibayarkan perusahaan.
d.    Membantu menciptakan dan membuka kesempatan kerja.

3.  Rumah Tangga Pemerintah
Rumah tangga pemerintah meliputi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam menjalankan roda perekonomian, rumah tangga pemerintah tentunya memiliki peran yang tidak kalah penting dibanding RTK dan RTP. Adapun peranan rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi meliputi hal-hal berikut ini.
a.    Mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi
b.    Meningkatkan kesempatan kerja
c.    Mengendalikan tingkat harga dan inflasi
d.    Dapat bertindak sebagai pembeli dan penyedia di pasar barang dan jasa
e.    Menarik pajak langsung maupun pajak tidak langsung
f.    Membangun fasilitas umum dari hasil pajak
g.    Mendorong pemerataan pendapatan masyarakat.
h.    Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas­nya

4.  Rumah Tangga Luar Negeri
Adapun peran dan fungsi rumah tangga luar negeri adalah melakukan kegiatan ekspor impor, pertukaran tenaga kerja, melakukan investasi di dalam negeri, memberikan bantuan dan pinjaman luar negeri, membayar pajak langsung maupun pajak tidak langsung kepada pemerintah.
Semua pelaku kegiatan ekonomi hendaknya selalu bertindak jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, responsif dan proaktif, serta peduli dalam melakukan kegiatan ekonominya. Dengan demikian, mampu menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...