14 Oktober 2017

Diagram Siklus Antarpelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram)


Interaksi antarpelaku ekonomi dapat digambarkan dalam Diagram Siklus Antarpelaku Ekonomi. Diagram siklus interaksi ini merupakan sebuah model yang menggambarkan bagaimana interaksi para pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan setiap para pelaku ekonomi.
Diagram siklus antarpelaku ekonomi merupakan model sederhana untuk menganalisis kegiatan ekonomi. Model ekonomi sederhana yang dapat digambarkan dengan Circular Flow Diagram, yaitu sebagai berikut.

Hasil gambar untuk model ekonomi tertutup


1.  Model Ekonomi Tertutup
Model ekonomi tertutup terdiri atas tiga rumah tangga pelaku kegiatan ekonomi, yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Pemerintah (RTG). Dalam Circular Flow Diagram dijelaskan mengenai diagram aliran pendapatan pada perekonomian tertutup yang hanya melibatkan tiga pelaku kegiatan ekonomi. Untuk lebih jelasnya perhatikan Bagan 3.2 berikut.
 Hasil gambar untuk model ekonomi tertutup
Berdasarkan Bagan di atas dapat dilihat perekonomian tertutup sektor rumah tangga konsumen akan menjual faktor produksi pada sektor produsen agar memperoleh pendapatan. Dalam hal ini, sektor rumah tangga konsumen akan memberikan faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal atau keahlian pada perusahaan. Sebagai balasan atas faktor produksi yang diberikan oleh sektor rumah tangga konsumen, sektor produsen akan memberikan balas jasa berupa sewa untuk tanah, upah atau gaji bagi tenaga kerja, bunga atau sewa untuk modal, dan keuntungan bagi keahlian. Kemudian, rumah tangga pemerintah (RTG) menggunakan pendapatan dari pajak untuk membeli barang dan jasa dari pasar faktor produksi dan rumah tangga produsen. Barang dan jasa tersebut dipergunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

2.  Model Ekonomi Terbuka
Model ekonomi terbuka terdiri atas empat rumah tangga, yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Pemerintah (RTG), dan Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN). Untuk lebih jelasnya perhatikan Bagan 3.3 berikut.
 Hasil gambar untuk model ekonomi tertutup
Berdasarkan Bagan di atas dapat dilihat dalam perekonomian terbuka hampir semua negara di dunia pada saat ini melakukan interaksi dengan negara lain sehingga interaksi ekonomi juga melibatkan sektor luar negeri. Sektor rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, dan rumah tangga pemerintah merupakan perekonomian domestik. Pere­konomian dikatakan tertutup (closed economy) jika tidak melakukan interaksi dengan sektor luar negeri. Adapun per­ekonomian suatu negara dikatakan terbuka (open economy) apabila terjadi interaksi dengan sektor luar negeri yang ditandai dengan adanya mekanisme ekspor dan impor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...