14 Oktober 2017

Penawaran (Supply)

Hasil gambar untuk penawaran
a.   Pengertian Penawaran
Penawaran (supply) diartikan sebagai keseluruhan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen dalam berbagai tingkat harga yang berlaku di pasar pada satu periode tertentu. Dalam definisi tersebut terkandung hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dengan tingkat harga. Hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan dapat dinyatakan dalam fungsi penawaran dan dirumuskan dalam bentuk persamaan matematik sederhana, yaitu:

Qs = f(P) atau Qs = –a + bP
Keterangan:
Qs =     Jumlah barang yang ditawarkan
f    =     Fungsi dari P
P   =     Harga barang yang ditawarkan
–a =     Konstanta (faktor lain dianggap konstan)
b   =     Koefisien (nilainya positif karena hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta positif).
Berdasarkan persamaan tersebut, banyak sedikitnya jumlah barang yang ditawarkan bergantung pada harga. Jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan naik. Begitu juga sebaliknya, jika harga barang turun, jumlah barang yang ditawarkan turun atau dengan kata lain.

b.   Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penawaran barang dan jasa, yaitu sebagai berikut.
1)   Harga Barang Bersangkutan
Jika terjadi kenaikan harga, akan meningkatkan jumlah penawaran. Jika harga mengalami penurunan, akan menurunkan barang yang ditawarkan.
2)   Harga Barang Lain
Harga barang lain yang bersifat substitusi pengaruhnya terhadap penawaran positif. Namun, harga barang lain yang bersifat komplementer pengaruhnya terhadap penawaran yaitu negatif.
3)   Biaya Produksi
Jika biaya faktor produksi tinggi, perusahaan akan rugi, bahkan akan menutup perusahaannya sehingga barang yang diproduksi akan turun. Oleh karena itu, faktor biaya produksi sangat berpengaruh sekali terhadap jumlah barang yang ditawarkan.
4)   Tujuan Produksi
Setiap perusahaan memiliki tujuan memaksimalkan ke­untung­an sehingga perusahaan menggunakan kapasitas produksinya secara maksimal, tetapi produksi pada tingkat kapasitas yang maksimal menyebabkan penawaran akan sedikit.
5)   Tingkat Teknologi
Kemajuan teknologi akan mengakibatkan produksi bertambah cepat, biaya produksi semakin rendah, dan tentunya keuntungan akan bertambah. Dengan demikian, teknologi cenderung menaikan penawaran.
Jika faktor-faktor tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap penawaran barang dan jasa, kurva penawaran akan bergeser ke kanan dari kedudukannya semula. Jika faktor-faktor tersebut menyebabkan turunnya tingkat penawaran, kurva penawaran akan bergeser ke kiri.

c.   Hukum Penawaran
Jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga  tertentu memiliki hubungan yang sangat erat, karena jumlah barang yang ditawarkan dengan harga memiliki hubungan yang sejajar (positif). Hukum Penawaran menyatakan “Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
Berdasarkan hipotesis Hukum Penawaran tersebut, jika harga suatu barang naik, jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Demikian pula, jika harga turun, jumlah barang yang ditawarkan akan turun pula. Jadi antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan memiliki hubungan searah (positif).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...