a. Pengertian
Penawaran
Penawaran (supply) diartikan
sebagai keseluruhan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen dalam
berbagai tingkat harga yang berlaku di pasar pada satu periode tertentu. Dalam
definisi tersebut terkandung hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan
dengan tingkat harga. Hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan
dapat dinyatakan dalam fungsi penawaran dan dirumuskan dalam bentuk persamaan
matematik sederhana, yaitu:
Qs = f(P) atau Qs = –a + bP
Keterangan:
Qs = Jumlah
barang yang ditawarkan
f = Fungsi
dari P
P = Harga
barang yang ditawarkan
–a = Konstanta
(faktor lain dianggap konstan)
b = Koefisien
(nilainya positif karena hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta
positif).
Berdasarkan
persamaan tersebut, banyak sedikitnya jumlah barang yang ditawarkan bergantung
pada harga. Jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan naik. Begitu
juga sebaliknya, jika harga barang turun, jumlah barang yang ditawarkan turun
atau dengan kata lain.
b. Faktor-Faktor
yang Memengaruhi Penawaran
Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat
penawaran barang dan jasa, yaitu sebagai berikut.
1) Harga Barang Bersangkutan
Jika terjadi kenaikan harga, akan
meningkatkan jumlah penawaran. Jika harga mengalami penurunan, akan menurunkan
barang yang ditawarkan.
2) Harga Barang Lain
Harga barang lain yang bersifat
substitusi pengaruhnya terhadap penawaran positif. Namun, harga barang lain
yang bersifat komplementer pengaruhnya terhadap penawaran yaitu negatif.
3) Biaya Produksi
Jika biaya faktor produksi tinggi, perusahaan akan rugi, bahkan akan
menutup perusahaannya sehingga barang yang diproduksi akan turun. Oleh karena
itu, faktor biaya produksi sangat berpengaruh sekali terhadap jumlah
barang yang ditawarkan.
4) Tujuan Produksi
Setiap perusahaan memiliki tujuan
memaksimalkan keuntungan sehingga perusahaan menggunakan kapasitas
produksinya secara maksimal, tetapi produksi pada tingkat kapasitas yang maksimal
menyebabkan penawaran akan sedikit.
5) Tingkat Teknologi
Kemajuan teknologi akan mengakibatkan produksi bertambah cepat, biaya produksi semakin rendah, dan tentunya keuntungan akan
bertambah. Dengan demikian, teknologi cenderung menaikan penawaran.
Jika faktor-faktor
tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap penawaran barang dan jasa,
kurva penawaran akan bergeser ke kanan dari kedudukannya semula. Jika
faktor-faktor tersebut menyebabkan turunnya tingkat penawaran, kurva penawaran
akan bergeser ke kiri.
c. Hukum
Penawaran
Jumlah barang yang ditawarkan dengan
tingkat harga tertentu memiliki hubungan
yang sangat erat, karena jumlah barang yang ditawarkan dengan harga memiliki
hubungan yang sejajar (positif). Hukum Penawaran menyatakan “Semakin tinggi
harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan
oleh para penjual. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang semakin sedikit
jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
Berdasarkan
hipotesis Hukum Penawaran tersebut, jika harga suatu barang naik, jumlah barang
yang ditawarkan akan naik. Demikian pula, jika harga turun, jumlah barang yang
ditawarkan akan turun pula. Jadi antara harga dengan jumlah barang yang
ditawarkan memiliki hubungan searah (positif).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar