14 Oktober 2017

Alat Pemuas Kebutuhan

Hasil gambar untuk alat pemuas kebutuhan
Fakta menunjukkan kebutuhan manusia banyak dan beragam. Oleh karena itu, diperlukan berbagai alat pemuas kebutuhannya. Alat-alat pemuas kebutuhan seperti tempat tinggal, sepatu, se­peda, pakaian, dan alat-alat tulis yang Anda butuhkan dalam ilmu ekonomi disebut barang. Adapun pelayanan listrik, telepon, dan seorang guru yang memberikan pengajaran dengan baik disebut jasa.
Alat pemuas kebutuhan dapat diklasifikasikan ber-dasarkan kegunaan, bagaimana cara memperolehnya, kegunaannya jika dihubungkan dengan barang lain, dan pengaruhnya pada proses produksi.


a.   Berdasarkan Kegunaannya
1)   Barang Konsumsi
Barang konsumsi adalah benda yang dapat langsung digunakan memenuhi kebutuhan. Contohnya, makanan, pakaian, dan buah-buahan.
2)   Barang Produksi
Barang produksi atau disebut juga barang modal. Benda ini dapat digunakan untuk memproduksi benda lain. Barang yang termasuk barang produksi, di antaranya peralatan dan mesin-mesin.

b.   Berdasarkan Bagaimana Cara Memperolehnya
1)   Barang Ekonomi
Barang ekonomi adalah barang-barang yang untuk mem­perolehnya diperlukan pengorbanan baik waktu, biaya, atau tenaga. Contohnya, pakaian, makanan, dan rumah.
Barang ekonomi (economic good) dapat diartikan juga sebagai barang yang mempunyai kegunaan dan langka yaitu jumlahnya yang tersedia lebih sedikit dibanding dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat, sehingga untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan.
2)   Barang Bebas
Barang bebas adalah barang yang jumlahnya melimpah seperti sinar matahari di daerah tropis, dan udara bersih di daerah pegunungan. Barang-barang tersebut untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Contohnya, udara, sinar matahari, dan air.
Barang bebas (free good) dapat diartikan juga sebagai barang yang tersedia dalam jumlah melimpah (tidak langka) dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya.
3)   Barang Illith
Barang illith adalah barang yang jika tersedia dalam jumlah berlebihan dapat merugikan, bahkan membahayakan manusia. Contohnya air dan api. Air dibutuhkan seperti untuk mandi, minum dan memasak sedangkan api dibutuhkan untuk memasak. Namun, jika dalam jumlah yang sangat banyak, air dapat menimbulkan banjir dan api dapat menimbulkan kebakaran.

c.   Berdasarkan Hubungannya dengan Barang Lain
1)   Barang Subsitusi
Barang subsitusi adalah barang yang fungsinya dapat menggantikan fungsi barang lain. Misalnya, telepon seluler dapat menggantikan fungsi telepon rumah.
2)   Barang Komplementer
Barang komplementer adalah barang yang fungsinya dapat melengkapi barang lain. Misalnya, kancing pada baju dan printer atau scanner pada komputer.

d.   Berdasarkan Pengaruhnya terhadap Proses Produksi
1)   Barang Mentah
Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi (pengolahan), dan akan dijadikan sebagai bahan baku dalam proses produksi. Contohnya kapas.
2)   Barang Setengah Jadi
Barang setengah jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi, tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara sempurna. Contohnya, kapas menjadi benang, kayu menjadi papan, dan beras menjadi tepung.
3)   Barang Jadi
Barang jadi adalah barang sarana pemuas kebutuhan manusia yang sudah mengalami proses produksi secara tuntas atau sempurna dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya pakaian, kursi, meja, dan kue.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...