30 September 2010

RPP 06

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                     :           MAN Paron
Mata Pelajaran           :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1


Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

Kompetensi Dasar :   2.2 Mendeskripsikan circular flow diagram.
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.

Indikator:
        Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
        Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
        Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).
        Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).

Alokasi Waktu: 6 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Membuat diagram interaksi pelaku ekonomi dua sektor.
3. Membuat diagram interaksi pelaku ekonomi tiga sektor.
4. Membuat diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian terbuka.
5. Menyebutkan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
6. Menjelaskan peran masing-masing pelaku ekonomi.
7. Menjelaskan contoh peran masing-masing pelaku ekonomi dalam perekonomian Indonesia.

B. Materi Pembelajaran
1. Diagram interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
a. Diagram interaksi pelaku ekonomi dalam perekonomian dua sektor.
b. Diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian tiga sektor.
c. Diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian terbuka.
d. Manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Peran pelaku ekonomi.
a. Rumah tangga.
b. Rumah tangga perusahaan.
c. Pemerintah.
d. Pelaku ekonomi luar negeri.

C. Metode
1. Tanya jawab.
2. Ceramah.
3. Diskusi.
4. Tugas.



D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengemukakan contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan
pelaku ekonomi dalam kegiatan sehari-hari.
Motivasi : Siswa mampu membedakan peran masing-masing pelaku ekonomi. Peran yang
berbeda tersebut akan membentuk suatu diagram atau arus lingkar interaksi pelaku
ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk membahas tentang pengertian diagram interaksi pelaku ekonomi.
b.      Memberi tambahan materi tentang pembagian pasar dalam diagram interaksi pelaku ekonomi melalui rubrik materi pengayaan.
c.       Membahas interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian dua sektor melalui kegiatan Tanya jawab.
d.      Membahas interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian tiga sektor.
e.      Memberi tambahan informasi tentang Francois Quesney melalui rubrik warta ekonomi.
f.        Membahas interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian terbuka.
g.      Memberi kesempatan kepada siswa tentang materi yang belum jelas.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami interaksi antarpelaku ekonomi dalam bentuk diagram.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengingat-ingat materi sebelumnya tentang diagram
interaksi pelaku ekonomi.
Motivasi : Siswa tertarik untuk mengetahui manfaat diagram interaksi terutama pada pelaku
ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas tentang manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi melalui kegiatan tanya jawab.
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
c.       Memberi tugas kepada siswa mengerjakan aktivitas kelompok untuk membahas manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi pada masing-masing pelaku ekonomi dalam perekonomian.
d.      Membahas aktivitas kelompok secara bersama-sama melalui diskusi kelas.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami bahwa diagram interaksi pelaku ekonomi member manfaat bagi pelaku ekonomi.

Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk menyebutkan siapa sajakah pelaku dalam perekonomian.
Motivasi : Siswa ingin mengetahui peranan masing-masing pelaku ekonomi tersebut.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas peran rumah tangga dalam perekonomian.
b.      Membahas peran perusahaan dalam perekonomian.
c.       Memberikan materi pengayaan tentang pihak-pihak yang membeli hasil produksi.
d.      Membahas peran pemerintah dalam perekonomian.
e.      Memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan aktivitas individu untuk mengidentifikasi peran pemerintah sebagai pengatur perekonomian.
f.        Membahas peran pelaku ekonomi luar negeri.
g.      Mengerjakan tes kompetensi.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami masing-masing pelaku ekonomi yang mempunyaiperan tersendiri dalam perekonomian.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Proyogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan.
3. Lingkungan sekitar.
4. Pengalaman sehari-hari.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis.
b. Identifikasi.
c. Hasil diskusi.
d. Pilihan ganda.
e. Tes uraian.
3. Soal/Instrumen
a. Kuis.
b. Identifikasi.
c. Hasil diskusi.
d. Pilihan ganda.
e. Tes uraian.




Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

RPP 05

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                     :           MAN Paron
Mata Pelajaran           :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1


Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.

Indikator:
        Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
        Mendeskripsikan perilaku konsumen melalui teori perilaku konsumen (tabel dan grafik).
        Mendeskripsikan perilaku produsen melalui teori perilaku produsen (tabel dan grafik).

Alokasi Waktu: 6 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan manfaat atau nilai guna barang.
2. Menjelaskan pengertian konsumsi.
3. Menyebutkan tujuan konsumsi.
4. Menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi.
5. Menjelaskan Hukum Gossen.
6. Menjelaskan teori perilaku konsumen melalui tabel dan grafik.
7. Menjelaskan pengertian kegiatan produksi.
8. Menyebutkan tujuan kegiatan produksi.
9. Menjelaskan faktor-faktor produksi.
10. Menyebutkan bidang-bidang produksi beserta contoh-contohnya.
11. Menjelaskan teori perilaku produsen melalui tabel dan grafik.

B. Materi Pembelajaran
1. Manfaat atau nilai guna barang.
2. Perilaku konsumen.
a. Tujuan konsumsi.
b. Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi.
c. Hukum Gossen.
d. Teori perilaku konsumen.
3. Pola perilaku produsen.
a. Tujuan produksi.
b. Faktor-faktor produksi.
c. Bidang-bidang produksi.
d. Perilaku produsen.

C. Metode
1. Tanya jawab.
2. Ceramah.
3. Diskusi.
4. Tugas.
5. Kunjungan.
6. Wawancara.

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengemukakan contoh kegiatan produksi dan konsumsi
yang biasa dialami dan dilihat sehari-hari.
Motivasi : Siswa mampu membedakan kegiatan konsumsi dan produksi serta perilaku
konsumen dan produsen dalam kedua kegiatan tersebut.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk membahas tentang manfaat dan nilai guna barang melalui kegiatan tanya jawab.
b.      Mengerjakan aktivitas individu untuk menyebutkan nilai pakai subjektif, nilai pakai objektif, nilai tukar subjektif, dan nilai tukar objektif beberapa jenis barang.
c.       Membahas tugas yang baru dikerjakan siswa secara bersama-sama.
d.      Memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang belum jelas.
3. Penutup
a. Penilaian.
b. Refleksi : Siswa mampu memahami manfaat dan nilai guna barang.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk menyebutkan pengertian dan contoh-contoh kegiatan
konsumsi.
Motivasi : Siswa memahami bahwa dalam kegiatan konsumsi, konsumen mempunyai
perilaku tersendiri.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas tentang pengertian, tujuan, dan contoh-contoh kegiatan konsumsi.
b.      Menambah pengetahuan siswa mengenai perilaku konsumsi yang rasional melalui rubric warta ekonomi.
c.       Membahas faktor-faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi.
d.      Membahas tentang Hukum Gossen.
e.      Membahas teori perilaku konsumen melalui tabel dan grafik.
f.        Mengerjakan aktivitas individu untuk menentukan nilai-nilai kepuasan total dan kepuasan marginal dari mengonsumsi baju serta membuat grafiknya.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami teori perilaku konsumen dalam bentuk tabel dan grafik.

Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk menyebutkan pengertian dan contoh-contoh kegiatan
produksi.
Motivasi : Siswa memahami bahwa dalam kegiatan produksi, produsen mempunyai perilaku
tersendiri.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas tentang pengertian, tujuan, dan contoh-contoh kegiatan produksi.
b.      Membahas tentang pengertian dan macam-macam faktor produksi.
c.       Membahas bidang-bidang produksi.
d.       Mengerjakan aktivitas individu untuk menyebutkan contoh-contoh tiap bidang produksi.
e.      Membahas perilaku produsen dalam sistem produksi.
f.        Mengerjakan aktivitas kelompok untuk melakukan kunjungan pada suatu perusahaan yang ada di sekitar tempat tinggal siswa agar mengetahui input, proses produksi, dan output perusahaan tersebut secara langsung.
g.      Membahas mengenai teori perilaku produksi melalui tabel dan grafik.
h.      Memberikan tambahan informasi mengenai produktivitas dan efisiensi.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami teori perilaku produsen dalam bentuk tabel dan grafik.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Proyogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan.
3. Lingkungan sekitar.
4. Pengalaman sehari-hari.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
d. Observasi
e. Wawancara
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis
b. Hasil pengamatan
c. Hasil diskusi
d. Pilihan ganda
e. Tes uraian


3. Soal/Instrumen
a. Kuis
b. Hasil pengamatan
c. Hasil diskusi
d. Pilihan ganda
e. Tes uraian




Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

RPP 04

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                     :           MAN Paron
Mata Pelajaran           :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1


Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.

Indikator:
        Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
        Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi).

Alokasi Waktu: 4 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian sistem ekonomi.
2. Menjelaskan macam-macam sistem ekonomi.
3. Mendeskripsikan sistem ekonomi Indonesia.

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian sistem ekonomi.
2. Macam-macam sistem ekonomi.
a. Sistem ekonomi tradisional.
b. Sistem ekonomi komando.
c. Sistem ekonomi pasar bebas.
d. Sistem ekonomi campuran.
3. Sistem ekonomi Indonesia.

C. Metode
1. Tanya jawab.                       3. Diskusi.
2. Ceramah.                            4. Tugas.

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi : Mengajak siswa mencermati peristiwa tentang permasalahan minyak bumi yang
ada dalam beranda.
Motivasi : Berdiskusi serta mengajak siswa untuk memberikan pendapat mengenai
permasalahan ekonomi yang diselesaikan oleh sistem ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa membaca pengertian sistem ekonomi dan membuat kesimpulannya.
b.      Membahas tentang macam-macam sistem ekonomi.
c.       Memberikan tambahan pengetahuan tentang permasalahan ekonomi suatu negara.
d.      Mengajak siswa untuk memahami ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan, serta bagaimana sistem ekonomi tradisional menyelesaikan masalah ekonominya.
e.      Membahas sistem, ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi komando.
f.        Mengerjakan tugas untuk menjelaskan bagaimana sistem ekonomi komando menyelesaikan permasalahan ekonomi.
g.      Membahas ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan, serta bagaimana sistem ekonomi pasar bebas menyelesaikan masalah perekonomiannya.
3. Penutup
a. Penilaian.
b. Refleksi : Siswa mampu memahami dan mengenal sistem ekonomi.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengingat-ingat materi sebelumnya melalui kegiatan tanya
jawab singkat mengenai pengertian sistem ekonomi dan macam-macam system ekonomi yang telah dibahas.
Motivasi : Mengemukakan setiap negara dapat menggunakan sistem ekonomi yang sesuai
dengan kondisi politik, sosial, dan ekonominya.
2. Kegiatan Inti
a.      Tanya jawab mengenai ciri-ciri dan bagaimana sistem ekonomi campuran menyelesaikan masalah ekonominya.
b.      Memberikan informasi tentang undang-undang antitrust yang tetap dilaksanakan di Amerika Serikat.
c.       Melakukan aktivitas kelompok untuk menganalisis sistem ekonomi yang digunakan suatu negara melalui studi kasus.
d.      Memberikan materi pengayaan tentang kriteria sistem ekonomi yang baik.
e.      Membahas sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia.
f.        Memberikan tambahan informasi mengenai landasan sistem ekonomi Indonesia.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami bahwa setiap negara akan menggunakan system ekonomi tidak secara mutlak, semua tergantung ideologi, kebudayaan, dan kondisi dalam negara yang bersangkutan.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Proyogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan
3. Media massa.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis                                      d. Pilihan ganda
b. Studi uraian objektif           e. Tes uraian
c. Hasil diskusi


3. Soal/Instrumen
a. Kuis                                      d. Pilihan ganda
b. Studi uraian objektif           e. Tes uraian
c. Hasil diskusi



Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...