29 September 2010

RPP 01

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                 :           MAN Paron
Mata Pelajaran        :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1

Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

Indikator:
        Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
        Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.

Alokasi Waktu: 2 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian kebutuhan manusia.
2. Mengklasifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
3. Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan kebutuhan manusia.

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kebutuhan manusia.
2. Macam-macam kebutuhan.
3. Faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan manusia.

C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Observasi
4. Diskusi
5. Inquiry

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  : Membaca wacana tentang kasus gizi buruk di Indonesia akibat tidak terpenuhinya kebutuhan pokok.
Motivasi    : Tanya jawab mengenai pengertian kebutuhan.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk menyimpulkan pengertian kebutuhan dan mengidentifikasi perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan.
b.      Menjelaskan macam-macam kebutuhan manusia dilihat dari intensitasnya.
c.       Membimbing kegiatan siswa dalam melakukan pengamatan di lingkungan sekitar untuk memahami kebutuhan berbagai kelompok masyarakat.
d.      Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan manusia lainnya.
e.      Membimbing kegiatan siswa dalam mengidentifikasi pemenuhan kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitarnya.
f.        Dengan metode tanya jawab, menjelaskan materi tentang faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan manusia.
g.      Memberi tugas tentang kebutuhan yang dipengaruhi oleh faktor tradisi/adat istiadat di daerah tempat tinggal siswa.
3. Kegiatan Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi: Siswa dapat menyimpulkan bahwa kebutuhan manusia sangat beragam, namun manusia harus bisa memilih kebutuhan mana yang harus didahulukan.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Memperkenalkan konsep barang sebagai alat pemuas kebutuhan manusia.
Motivasi : Melakukan tanya jawab tentang perbedaan antara barang dengan jasa.
2. Kegiatan Inti
a.      Menjelaskan penggolongan barang menurut tujuan penggunaannya dan cara memperolehnya.
b.      Membimbing kegiatan siswa untuk mendiskusikan bagaimana barang bebas menjadi barang ekonomi.
c.       Menjelaskan jenis barang menurut hubungannya dengan barang lain dan menurut proses pembuatannya.
3. Kegiatan Penutup
a.      Penilaian/ulangan harian.
b.      Refleksi: Siswa mampu memahami kegunaan barang sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudha D. Prayogo, (2007). Ekonomi Untuk Kelas X SMA/MA, Klaten, Intan Pariwara.
2. Internet.
3. Media cetak.
4. Lingkungan sekitar.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes lisan                  c. Tes unjuk kerja
b. Tes tertulis              d. Diskusi kelompok
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis                          c. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian               d. Hasil diskusi kelompok
3. Soal/Instrumen
a. Kuis                          c. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian               d. Hasil diskusi kelompok


Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...