29 September 2010

RPP 02

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                :           MAN Paron
Mata Pelajaran       :           Ekonomi
Kelas/Semester       :           X/1


Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Indikator:
·         Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
·         Mengidentifikasikan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian kelangkaan sumber daya.
2. Menjelaskan ciri-ciri faktor-faktor penyebab kelangkaan.
3. Menemukan pengalokasian sumber daya agar memberi manfaat bagi rakyat.

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kelangkaan sumber daya.
2. Faktor-faktor penyebab kelangkaan.
3. Alokasi sumber daya.
a. Sumber daya alam (SDA).
b. Sumber daya manusia (SDM).
c. Sumber daya modal.

C. Metode
1. Tanya jawab.
2. Diskusi.
3. Analisis artikel
4. Tugas.

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi    :  Mengajak siswa untuk mencermati peristiwa yang ada dalam beranda.
Motivasi      :  Berdiskusi serta mengajak siswa untuk memberikan pendapat mengenai sumber daya alam yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga menimbulkan kelangkaan.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk membaca pengertian kelangkaan.
b.      Guru memaparkan pengertian kelangkaan agar semakin jelas.
c.       Mengajak siswa mengerjakan aktivitas individu agar memahami mengapa barang bebas dapat menjadi barang langka.
d.      Mengajak siswa untuk memahami kelangkaan modal di dalam industri.
e.      Mempersilakan siswa untuk bertanya, adakah materi yang belum dipahami mengenai pengertian kelangkaan.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami dan mengenal kelangkaan pada sumber daya ekonomi.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengingat-ingat materi sebelumnya melalui kegiatan tanya
jawab singkat mengenai pengertian kelangkaan.
Motivasi : Mengemukakan contoh-contoh kelangkaan yang sering terjadi dalam masyarakat.
2. Kegiatan Inti
a. Memaparkan berbagai macam contoh kelangkaan yang sering terjadi.
b. Mengajak siswa menyimpulkan penyebab kelangkaan ekonomi tersebut.
c. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
d. Mengajak siswa mencari artikel dari internet tentang bencana alam dan menganalisisnya.
3. Penutup
a. Penilaian.
b. Refleksi : Siswa mampu menemukan faktor-faktor penyebab kelangkaan.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengulang kembali materi tentang kelangkaan yang telah
dipelajarinya.
Motivasi : Mengajak siswa untuk mengemukakan pendapat mengenai upaya mengatasi
kelangkaan melalui pengalokasian sumber daya.
2. Kegiatan Inti
a.      Memaparkan bentuk-bentuk sumber daya, yang meliputi sumber daya alam, sumber daya modal, dan sumber daya manusia.
b.      Mengajak siswa melakukan aktivitas kelompok untuk mencari berbagai alokasi sumber daya alam yang memberi manfaat bagi rakyat.
c.       Mengajak siswa mengkaji referensi tentang sumber daya manusia dan pengalokasiannya.
d.      Mengajak siswa memahami pengalokasian sumber daya modal melalui kegiatan tanya jawab.
e.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
3. Penutup
a.      Penilaian
b.      Refleksi: Mengajak siswa untuk tanya jawab singkat guna mereview ulang materi yang telah dipelajari.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Prayogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten: Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan
3. Internet.
4. Pengalaman pribadi.
5. Lingkungan sekitar.


F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis                                      d. Pilihan ganda
b. Analisis artikel                    e. Tes uraian
c. Hasil diskusi
3. Soal/Instrumen
a. Kuis                                      d. Pilihan ganda
b. Analisis artikel                    e. Tes uraian
c. Hasil diskusi



Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...