30 September 2010

RPP 04

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                     :           MAN Paron
Mata Pelajaran           :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1


Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.

Indikator:
        Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
        Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi).

Alokasi Waktu: 4 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian sistem ekonomi.
2. Menjelaskan macam-macam sistem ekonomi.
3. Mendeskripsikan sistem ekonomi Indonesia.

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian sistem ekonomi.
2. Macam-macam sistem ekonomi.
a. Sistem ekonomi tradisional.
b. Sistem ekonomi komando.
c. Sistem ekonomi pasar bebas.
d. Sistem ekonomi campuran.
3. Sistem ekonomi Indonesia.

C. Metode
1. Tanya jawab.                       3. Diskusi.
2. Ceramah.                            4. Tugas.

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi : Mengajak siswa mencermati peristiwa tentang permasalahan minyak bumi yang
ada dalam beranda.
Motivasi : Berdiskusi serta mengajak siswa untuk memberikan pendapat mengenai
permasalahan ekonomi yang diselesaikan oleh sistem ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa membaca pengertian sistem ekonomi dan membuat kesimpulannya.
b.      Membahas tentang macam-macam sistem ekonomi.
c.       Memberikan tambahan pengetahuan tentang permasalahan ekonomi suatu negara.
d.      Mengajak siswa untuk memahami ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan, serta bagaimana sistem ekonomi tradisional menyelesaikan masalah ekonominya.
e.      Membahas sistem, ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi komando.
f.        Mengerjakan tugas untuk menjelaskan bagaimana sistem ekonomi komando menyelesaikan permasalahan ekonomi.
g.      Membahas ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan, serta bagaimana sistem ekonomi pasar bebas menyelesaikan masalah perekonomiannya.
3. Penutup
a. Penilaian.
b. Refleksi : Siswa mampu memahami dan mengenal sistem ekonomi.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengingat-ingat materi sebelumnya melalui kegiatan tanya
jawab singkat mengenai pengertian sistem ekonomi dan macam-macam system ekonomi yang telah dibahas.
Motivasi : Mengemukakan setiap negara dapat menggunakan sistem ekonomi yang sesuai
dengan kondisi politik, sosial, dan ekonominya.
2. Kegiatan Inti
a.      Tanya jawab mengenai ciri-ciri dan bagaimana sistem ekonomi campuran menyelesaikan masalah ekonominya.
b.      Memberikan informasi tentang undang-undang antitrust yang tetap dilaksanakan di Amerika Serikat.
c.       Melakukan aktivitas kelompok untuk menganalisis sistem ekonomi yang digunakan suatu negara melalui studi kasus.
d.      Memberikan materi pengayaan tentang kriteria sistem ekonomi yang baik.
e.      Membahas sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia.
f.        Memberikan tambahan informasi mengenai landasan sistem ekonomi Indonesia.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami bahwa setiap negara akan menggunakan system ekonomi tidak secara mutlak, semua tergantung ideologi, kebudayaan, dan kondisi dalam negara yang bersangkutan.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Proyogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan
3. Media massa.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis                                      d. Pilihan ganda
b. Studi uraian objektif           e. Tes uraian
c. Hasil diskusi


3. Soal/Instrumen
a. Kuis                                      d. Pilihan ganda
b. Studi uraian objektif           e. Tes uraian
c. Hasil diskusi



Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...