29 September 2010

RPP 03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                :           MAN Paron
Mata Pelajaran       :           Ekonomi
Kelas/Semester        :           X/1


Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1.3 Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi.
          1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja apabila melakukan produksi di bidang lain.

Indikator:
        Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang diproduksi.
        Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
        Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja apabila melakukan produksi di bidang lain.

Alokasi Waktu: 4 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Memahami mengapa masalah ekonomi muncul.
2. Menjelaskan masalah pokok ekonomi yaitu barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang diproduksi.
3. Menjelaskan pengertian biaya peluang.
4. Memahami biaya peluang pada kesempatan kerja apabila melakukan produksi di bidang lain.
5. Mampu membedakan biaya peluang dengan pengertian biaya lainnya.

B. Materi Pembelajaran
1. Masalah pokok ekonomi
a. Barang apa yang akan diproduksi.
b. Bagaimana cara memproduksi.
c. Untuk siapa barang diproduksi.
2. Biaya peluang
a. Pengertian biaya peluang.
b. Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.



C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Observasi
4. Diskusi
5. Inquiry

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengamati gambar dan membaca wacana mengenai kegiatan produksi, distribusi,
dan konsumsi yang dilakukan manusia untuk menjawab masalah pokok ekonomi.
Motivasi : Tanya jawab mengenai wacana, dikaitkan dengan masalah pokok ekonomi, yaitu
barang apa yang diproduksi, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa
barang diproduksi.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk membaca referensi dan mendengarkan penjelasan guru mengapa bisa muncul masalah ekonomi.
b.      Menjelaskan masalah pokok ekonomi barang apa yang diproduksi (what).
c.       Menjelaskan masalah pokok ekonomi bagaimana cara memproduksi (how).
d.      Menjelaskan masalah pokok ekonomi untuk siapa barang diproduksi (for whom).
e.      Siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar untuk mengetahui penyelesaian masalah pokok ekonomi oleh masyarakat di sana.
f.        Menyampaikan informasi tentang konversi bahan bakar, yaitu minyak tanah ke gas sebagai suatu contoh dari penyelesaian masalah ekonomi.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa dapat menyimpulkan mengapa masalah pokok ekonomi muncul dan apa saja masalah pokok ekonomi tersebut.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Memperkenalkan konsep biaya peluang secara umum dengan menyajikan contoh-contoh konsep biaya peluang dalam kehidupan sehari-hari.
Motivasi : Melakukan tanya jawab tentang konsep biaya peluang dalam kehidupan seharihari.
2. Kegiatan Inti
a.      Menjelaskan konsep biaya peluang pada tenaga kerja apabila memproduksi di bidang lain.
b.      Menggambarkan konsep biaya peluang pada tenaga apabila memproduksi di bidang lain, melalui kurva kemungkinan produksi.
c.       Siswa melakukan aktivitas individu, yaitu menghitung biaya peluang pada tenaga kerja dalam memproduksi barang.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu menyimpulkan bahwa setiap sumber daya ekonomi yang digunakan dalam proses produksi pasti memiliki biaya peluang.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudha D. Prayogo, (2007). Ekonomi Untuk Kelas X SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Internet.
3. Media cetak.
4. Alat tulis.
5. Lingkungan sekitar.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes lisan
b. Tes tertulis
c. Tes unjuk kerja
d. Diskusi kelompok
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis
b. Tes uraian
c. Tes uji petik kerja produk
d. Tes pilihan ganda
e. Hasil diskusi kelompok
3. Soal/Instrumen
a. Kuis
b. Tes uraian
c. Tes uji petik kerja produk
d. Tes pilihan ganda
e. Hasil diskusi kelompok


Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...