30 September 2010

RPP 05

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                     :           MAN Paron
Mata Pelajaran           :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1


Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.

Indikator:
        Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
        Mendeskripsikan perilaku konsumen melalui teori perilaku konsumen (tabel dan grafik).
        Mendeskripsikan perilaku produsen melalui teori perilaku produsen (tabel dan grafik).

Alokasi Waktu: 6 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan manfaat atau nilai guna barang.
2. Menjelaskan pengertian konsumsi.
3. Menyebutkan tujuan konsumsi.
4. Menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi.
5. Menjelaskan Hukum Gossen.
6. Menjelaskan teori perilaku konsumen melalui tabel dan grafik.
7. Menjelaskan pengertian kegiatan produksi.
8. Menyebutkan tujuan kegiatan produksi.
9. Menjelaskan faktor-faktor produksi.
10. Menyebutkan bidang-bidang produksi beserta contoh-contohnya.
11. Menjelaskan teori perilaku produsen melalui tabel dan grafik.

B. Materi Pembelajaran
1. Manfaat atau nilai guna barang.
2. Perilaku konsumen.
a. Tujuan konsumsi.
b. Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi.
c. Hukum Gossen.
d. Teori perilaku konsumen.
3. Pola perilaku produsen.
a. Tujuan produksi.
b. Faktor-faktor produksi.
c. Bidang-bidang produksi.
d. Perilaku produsen.

C. Metode
1. Tanya jawab.
2. Ceramah.
3. Diskusi.
4. Tugas.
5. Kunjungan.
6. Wawancara.

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengemukakan contoh kegiatan produksi dan konsumsi
yang biasa dialami dan dilihat sehari-hari.
Motivasi : Siswa mampu membedakan kegiatan konsumsi dan produksi serta perilaku
konsumen dan produsen dalam kedua kegiatan tersebut.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk membahas tentang manfaat dan nilai guna barang melalui kegiatan tanya jawab.
b.      Mengerjakan aktivitas individu untuk menyebutkan nilai pakai subjektif, nilai pakai objektif, nilai tukar subjektif, dan nilai tukar objektif beberapa jenis barang.
c.       Membahas tugas yang baru dikerjakan siswa secara bersama-sama.
d.      Memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang belum jelas.
3. Penutup
a. Penilaian.
b. Refleksi : Siswa mampu memahami manfaat dan nilai guna barang.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk menyebutkan pengertian dan contoh-contoh kegiatan
konsumsi.
Motivasi : Siswa memahami bahwa dalam kegiatan konsumsi, konsumen mempunyai
perilaku tersendiri.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas tentang pengertian, tujuan, dan contoh-contoh kegiatan konsumsi.
b.      Menambah pengetahuan siswa mengenai perilaku konsumsi yang rasional melalui rubric warta ekonomi.
c.       Membahas faktor-faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi.
d.      Membahas tentang Hukum Gossen.
e.      Membahas teori perilaku konsumen melalui tabel dan grafik.
f.        Mengerjakan aktivitas individu untuk menentukan nilai-nilai kepuasan total dan kepuasan marginal dari mengonsumsi baju serta membuat grafiknya.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami teori perilaku konsumen dalam bentuk tabel dan grafik.

Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk menyebutkan pengertian dan contoh-contoh kegiatan
produksi.
Motivasi : Siswa memahami bahwa dalam kegiatan produksi, produsen mempunyai perilaku
tersendiri.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas tentang pengertian, tujuan, dan contoh-contoh kegiatan produksi.
b.      Membahas tentang pengertian dan macam-macam faktor produksi.
c.       Membahas bidang-bidang produksi.
d.       Mengerjakan aktivitas individu untuk menyebutkan contoh-contoh tiap bidang produksi.
e.      Membahas perilaku produsen dalam sistem produksi.
f.        Mengerjakan aktivitas kelompok untuk melakukan kunjungan pada suatu perusahaan yang ada di sekitar tempat tinggal siswa agar mengetahui input, proses produksi, dan output perusahaan tersebut secara langsung.
g.      Membahas mengenai teori perilaku produksi melalui tabel dan grafik.
h.      Memberikan tambahan informasi mengenai produktivitas dan efisiensi.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami teori perilaku produsen dalam bentuk tabel dan grafik.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Proyogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan.
3. Lingkungan sekitar.
4. Pengalaman sehari-hari.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
d. Observasi
e. Wawancara
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis
b. Hasil pengamatan
c. Hasil diskusi
d. Pilihan ganda
e. Tes uraian


3. Soal/Instrumen
a. Kuis
b. Hasil pengamatan
c. Hasil diskusi
d. Pilihan ganda
e. Tes uraian




Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...