30 September 2010

RPP 06

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                     :           MAN Paron
Mata Pelajaran           :           Ekonomi
Kelas/Semester         :           X/1


Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

Kompetensi Dasar :   2.2 Mendeskripsikan circular flow diagram.
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.

Indikator:
        Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
        Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
        Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).
        Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).

Alokasi Waktu: 6 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Membuat diagram interaksi pelaku ekonomi dua sektor.
3. Membuat diagram interaksi pelaku ekonomi tiga sektor.
4. Membuat diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian terbuka.
5. Menyebutkan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
6. Menjelaskan peran masing-masing pelaku ekonomi.
7. Menjelaskan contoh peran masing-masing pelaku ekonomi dalam perekonomian Indonesia.

B. Materi Pembelajaran
1. Diagram interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
a. Diagram interaksi pelaku ekonomi dalam perekonomian dua sektor.
b. Diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian tiga sektor.
c. Diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian terbuka.
d. Manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Peran pelaku ekonomi.
a. Rumah tangga.
b. Rumah tangga perusahaan.
c. Pemerintah.
d. Pelaku ekonomi luar negeri.

C. Metode
1. Tanya jawab.
2. Ceramah.
3. Diskusi.
4. Tugas.



D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengemukakan contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan
pelaku ekonomi dalam kegiatan sehari-hari.
Motivasi : Siswa mampu membedakan peran masing-masing pelaku ekonomi. Peran yang
berbeda tersebut akan membentuk suatu diagram atau arus lingkar interaksi pelaku
ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk membahas tentang pengertian diagram interaksi pelaku ekonomi.
b.      Memberi tambahan materi tentang pembagian pasar dalam diagram interaksi pelaku ekonomi melalui rubrik materi pengayaan.
c.       Membahas interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian dua sektor melalui kegiatan Tanya jawab.
d.      Membahas interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian tiga sektor.
e.      Memberi tambahan informasi tentang Francois Quesney melalui rubrik warta ekonomi.
f.        Membahas interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian terbuka.
g.      Memberi kesempatan kepada siswa tentang materi yang belum jelas.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami interaksi antarpelaku ekonomi dalam bentuk diagram.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk mengingat-ingat materi sebelumnya tentang diagram
interaksi pelaku ekonomi.
Motivasi : Siswa tertarik untuk mengetahui manfaat diagram interaksi terutama pada pelaku
ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas tentang manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi melalui kegiatan tanya jawab.
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
c.       Memberi tugas kepada siswa mengerjakan aktivitas kelompok untuk membahas manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi pada masing-masing pelaku ekonomi dalam perekonomian.
d.      Membahas aktivitas kelompok secara bersama-sama melalui diskusi kelas.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami bahwa diagram interaksi pelaku ekonomi member manfaat bagi pelaku ekonomi.

Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi : Mengajak siswa untuk menyebutkan siapa sajakah pelaku dalam perekonomian.
Motivasi : Siswa ingin mengetahui peranan masing-masing pelaku ekonomi tersebut.
2. Kegiatan Inti
a.      Membahas peran rumah tangga dalam perekonomian.
b.      Membahas peran perusahaan dalam perekonomian.
c.       Memberikan materi pengayaan tentang pihak-pihak yang membeli hasil produksi.
d.      Membahas peran pemerintah dalam perekonomian.
e.      Memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan aktivitas individu untuk mengidentifikasi peran pemerintah sebagai pengatur perekonomian.
f.        Membahas peran pelaku ekonomi luar negeri.
g.      Mengerjakan tes kompetensi.
3. Penutup
a.      Penilaian.
b.      Refleksi : Siswa mampu memahami masing-masing pelaku ekonomi yang mempunyaiperan tersendiri dalam perekonomian.

E. Sumber Belajar
1. Pribadi Setiyanto dan Ayudya D. Proyogo, (2007). Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA, Klaten,
     Intan Pariwara.
2. Buku-buku yang relevan.
3. Lingkungan sekitar.
4. Pengalaman sehari-hari.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes unjuk kerja.
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Kuis.
b. Identifikasi.
c. Hasil diskusi.
d. Pilihan ganda.
e. Tes uraian.
3. Soal/Instrumen
a. Kuis.
b. Identifikasi.
c. Hasil diskusi.
d. Pilihan ganda.
e. Tes uraian.




Mengetahui,
Kepala MAN Paron




Drs. SUYADI, M.Ag
NIP. 19610129 199203 1 001

Paron, 1 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran Ekonomi





MASRUKHIN, M.Pd
NIP. 19731005 200501 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...