15 Oktober 2011

CONTOH PROPOSAL PTK EKONOMI / AKUNTANSI


PROPOSAL

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


  OPTIMALISASI  KETRAMPILAN  MENYELESAIKAN KERTAS  KERJA
( WORKSHEET )  AKUNTANSI  PERUSAHAAN DAGANG MELALUI  METODE DRILL/PENUGASAN  PADA SISWA  KELAS XII IPS MAN PARON NGAWI 

 
 DISUSUN OLEH  :
MASRUKHIN, M.Pd.
NIP. 19731005 200501 1 002


  




TAHUN PELAJARAN 2011/2012



LEMBAR PENGESAHAN

  OPTIMALISASI  KETRAMPILAN  MENYELESAIKAN KERTAS  KERJA
( WORKSHEET )  AKUNTANSI  PERUSAHAAN DAGANG MELALUI  METODE DRILL/PENUGASAN  PADA SISWA  KELAS XII 
MAN PARON NGAWI 

DISUSUN OLEH  :
MASRUKHIN, M.Pd.
NIP. 19731005 200501 1 002

DISETUJUI PADA TANGGAL  …………………….




MENGETAHUI
KEPALA MAN PARON NGAWI




.........................................................



KATA PENGANTAR


            Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal tentang Penelitian Tindakan Kelas ini.
            Pada kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala MAN Paron Ngawi, teman-teman guru ekonomi ekonomi , dan semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan proposal ini. Semoga proposal ini bermanfaat bagi kami khususnya dan pembaca pada umumnya.


                                                                                                Ngawi,  September 2011


                                                                                                            Penulis






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………..         i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………………        ii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………       iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..       iv
BAB I             : PENDAHULUAN
                          1.1 Latar Belakang ……………………………………………       1
                          1.2 Rumusan Masalah ………………………………………..        2
                          1.3 Tujuan Penelitian …………………………………………        3
                          1.4 Manfaat …………………………………………………..       3
BAB II            : KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN
                          2.1 Kajian Pustaka ……………………………………………       4
                          2.2 Metode Penugasan / Drill …………………………………        8
                          2.3 Rencana Tindakan …………………………………………      9
BAB III          : METODE PENELITIAN
                          3.1 Setting Penelitian …………………………………………..     10
                          3.2 Persiapan Penelitian ……………………………………….      11
                          3.3 Siklus Penelitian ……………………………………………     13
                          3.4 Instrumen ………………………………………………….      15
                          3.5 Analisa dan Refleksi ………………………………………..     15


                          3.6 Jadwal Penelitian ……………………………………………   16
                          3.7 Rencana Anggaran ………………………………………….    17
DAFTAR RUJUKAN ……………………………………………………………   18
BIODATA PENELITI

BAB I

PENDAHULUAN

 1.1.   Latar Belakang
            Permasalahan klasik  yang muncul dalam  Pendidikan di Indonesia adalah   rendahnya mutu pendidikan  walaupun berbagai usaha  telah dilakukan untuk  meningkatkan  mutu pendidikan  antara lain  melalui peningkatan  profesionalisme guru  , kajian  kurikulum , peningkatan sarana dan  prasarana  pendidikan.
Keberhasilan  pendidikan  tentunya  ditentukan oleh banyak  faktor, diantaranya  guru  yang profesional.  Guru  harus menghargai  siswa  sebagai  subyek  pendidikan  yang merupakan sumber daya manusia yang potensial  dan  perlu mendapat perhatian  yang sungguh – sungguh  karena  setiap siswa mempunyai  kemampuan bakat  dan prestasi  yang  beragam . Siswa  perlu dikelola  dan dikembangkan  dengan  terencana dan terprogram   dengan baik sehingga  kemampuan bakat dan potensinya  dapat meningkat secara maksimal .    Guru yang profesional  akan mampu dan terampil  mengelola  proses  pembelajaran  , menguasai  beragam metode  dan starategi pembelajaran , mampu  memilih metode pembelajaran  yang sesuai dengan konsep  yang diajarkan , misalnya  pada mata pelajaran Akuntansi Kelas XII  terdapat pokok pembahasan  kertas kerja  / Worksheet  akuntansi  perusahaan dagang,  guru harus mampu  dalam memilih metode  yang tepat dengan konsep  akuntansi tersebut. Tetapi  kenyataan siswa merasa kesulitan siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan kertas kerja (worksheet). Hal ini kemungkinan guru kurang tepat menggunakan metode mengajar, guru kurang memberikan latihan-latihan mengerjakan kertas kerja (worksheet) sehingga ketrampilan siswa masih kurang optimal.
            Sehubungan dengan hal tersebut  di atas maka  penulis  mengambil judul   “ Optimalisasi  keterampilan  menyelesaikan  kertas kerja  / Work sheet  akuntansi  perusahaan dagang  melalui metode   penugasan / Driil  pada siswa kelas XII   MA. Harapannya adalah dengan  memilih metode  pembelajaran tersebut  siswa lebih  terampil dan optimal dalam menyelesaikan  kertas kerja.

1.2.       Rumusan Masalah
           Berdasarkan kenyataan  dilapangan  ditemukan  masalah sebagai berikut :
  1.    Mengapa ketrampilan  siswa menyelesaikan  kertas kerja  di Akuntansi  Perusahaan Dagang  masih kurang optimal  ?
  2.     Bagaimana  caranya mengoptimalkan  ketrampilan  siswa dalam   menyelesaikan kertas kerja   / worksheet ?
  3.      Apakah ketrampilan siswa  meningkat setelah  menggunakan metode penugasan/drill ?
1.3.     Tujuan Penelitian
                  Tujuan   yang  ingin dicapai  sesuai dengan rumusan  masalah diatas adalah sebagai berikut  :

  1.       Mengoptimalkan  ketrampilan  siswa dalam  menyelesaikan  kertas kerja  akuntansi Perusahaan Dagang
  2.       Untuk mengetahui ketepatan  penggunaan metode  penugasan/latihan  dalam mengoptimalkan  keterampilan siswa  menyelesaiakan kertas kerja
  3.       Untuk mengetahui sejauh mana  peningkatan ketrampilan  siswa menyelesaikan kertas kerja/ worksheet  setelah menggunakan  metode  penugasan/latihan
1.4.    Manfaat  Hasil Penelitian
Adapun manfaat dari  penelitian  tindakan kelas ini  dapat dijelaskan sebagai  berikut  :
      1.  Bagi Guru
Dengan dilaksanakannya  penelitian ini,  guru dapat  mengintropeksikan diri    memperbaiki sistem    pembelajaran  ekonomi khususnya   akuntansi. Sehingga permasalahan  yang dihadapi   baik menyangkut siswa  , guru  dan materi pembelajaran  dapat diatasi.
2.  Bagi Siswa
Hasil penelitian ini akan dapat  bermanfaat bagi siswa  berupa diperolehnya ketrampilan  menyelesaikan  kertas kerja akuntansi  secara optimal.



BAB II   
KAJIAN  PUSTAKA  & RENCANA TINDAKAN

2.1 Kajian Pustaka
            Dalam kedudukannya  pelajaran Akuntansi  sebagai sarana untuk  mengembangkan pengetahuan  , keterampilan,  sikap rasional, teliti,  jujur, dan bertanggung jawab.  Pelajaran akuntansi di MA  dapat membekali tamatan  MA dalam berbagai  kompetensi dasar , agar mereka  menguasai dan mampu  menerapkan konsep – konsep dasar  , prinsip dan prosedur  Akuntansi yang benar, baik untuk kepentingan  melanjutkan pendidikan  ke Perguruan Tinggi  ataupun terjun ke masyarakat.
            Dewasa ini Akuntansi  telah berkembang  menjadi salah satu  ilmu  yang sangat penting  , sejajar dengan ilmu – ilmu  lain seperti Ekonomi  dan  Matematika . Namun banyak  yang salah menilai   bahwa akuntansi  hanya bermanfaat  bagi perusahaan besar  . Padahal  Ilmu Akuntansi  sangat berguna bagi  siapa saja  seperti perusahaan, organisasi, bisnis dan ibu rumah tangga  untuk  mengelola  anggaran  keuangan rumah tangga  , ataupun anak sekolah  yang ingin menyusun laporan  keuangan pemasukan  dan pengeluaran uang sakunya.
            Akuntansi sendiri mempunyai  arti proses  mengidentifikasi , mengukur, dan melaporkan informasi  ekonomi untuk  memungkinkan dilakukannya  penilaian serta pengambilan  keputusan secara  jelas  dan tegas bagi pihak – pihak  yang menggunakan informasi tersebut.  Jadi jelas tujuan utama  akuntansi adalah  menyajikan informasi  ekonomi (  Economic Information )  dalam bentuk laporan keuangan.
            Ulasan  diatas  menggambarkan   Akuntansi  secara umum.  Pada Penelitian Tindakan Kelas kali ini penulis  membatasi pada akuntansi  perusahaan dagang, khususnya pada tahap  pengikhtisaran.  Akuntansi perusahaan dagang secara umum  hampir sama dengan badan usahan lain. 
Ada beberapa tahapan  dalam Akuntansi Perusahaan dagang:
1. Tahapan Pencatatan
Tahap ini merupakan  tahap pertama  dari siklus akuntansi . Tahap pencatatan meliputi 3 langkah  kegiatan yang saling  berkaitan yaitu :  pembuatan dokumen/ bukti transaksi, pencatatan kedalam  jurnal &  posting ke Buku Besar.
2.  Tahap Pengikhtisaran
      Setelah tahap pencatatan  selesai selanjutnya  mengerjakan tahap pengiktisaran  yang meliputi  :  penyusunan  neraca  saldo,  membuat ayat  penyesuaian,  dan membuat   kertas  kerja .
3.  Tahap Pelaporan / Penyusunan Laporan Keuangan.
      Pada tahap pelaporan ini menyajikan laporan-laporan keuangan yang dicapai koperasi  dalam suatu periode. Terdiri dari laporan neraca, laporan  laba rugi, dan laporan perubahan modal.
Pada penelitian Tindakan Kelas ini penulis hanya membatasi pada tahap yang kedua yaitu tahap pengikhtisaran khususnya membuat kertas kerja. Sebelum membahas kertas kerja tidak ada salahnya penulis menguraikan sedikit tentang tahap pengikhtisaran. Pada tahap pengikhtisaran ini meliputi :
a.       Penyusunan neraca saldo yang diawali dari pembuatan buku besar. Besar debit  dan kredit harus sama .
b.      Menyusun ayat jurnal penyesuaian .
Jurnal penyesuaian dibuat untuk mengetahui yang sebenarnya, berapa besar yang telah dikorbankan atau yang dihasilkan. Akun yang perlu disesuaikan antara lain perlengkapan, beban dibayar dimuka, penyusutan harta tetap, beban yang masih harus dibayar, pendapatan diterima dimuka dan pendapatan yang masih harus diterima.
c.       Membuat kertas kerja / worksheet.
Kertas kerja /worksheet adalah kertas berkolom / neraca lajur yang digunakan sebagai kertas kerja dalam penyesuaian laporan keuangan. Penggunaan kertas kerja dapat mengurangi kesalahan keuangan. Disamping itu kertas kerja juga dapat digunakan untuk memeriksa ketepatan perhitungan yang dilakukan. Format kertas kerja / worksheet pada dasarnya terdiri dari sepuluh kolom antara lain:
1.      Kolom neraca saldo
Kolom neraca saldo merupakan kolom pertama dalam kertas kerja yang isinya di ambil dari saldo-saldo buku besar utama. Jumlah kolom debit dan kredit harus sama.
2.      Kolom penyesuaian
Dalam kolom ini yang ada hanya akun yang terlibat waktu disesuaikan, sehingga penyesuaian nilainya diambil dari jurnal penyesuaian. Jumlah kolom debit dan kredit harus sama.
3.      Kolom neraca saldo setelah disesuaikan.
Kolom ini berisi nilai akun yang telah disesuaikan antara neraca saldo dengan penyesuaian. Jumlah kolom debit dan kredit harus sama.
4.      Kolom Rugi/ Laba
Kolom ini berisi akun-akun nominal yaitu akun pendapatan dan akun beban. Jumlah kolom debit dan kredit boleh sama boleh tidak sama. Jika kolom debit lebih kecil dari kolom kredit maka perusahaan /koperasi dalam keadaan laba, sebaliknya jika kolom debit lebih besar dari kolom kredit maka perusahaan / koperasi dalam keadaan rugi, dan jika kolom debit dan kolom kredit sama, maka koperasi dalam keadaan impas.
5.      Kolom neraca
Kolom ini berisi akun harta, utang dan modal


2.2 Metode  Penugasan/ Drill
            Metode penugasan  disini mempunyai  arti guru memberikan  tugas kepada siswanya  baik itu tugas  di rumah maupun tugas di sekolah  yang berupa  latihan – latihan soal.  Didalam memberikan tugas  / latihan harus ada  pedoman tugas  yang harus dikerjakan siswa  . Siswa harus mengetahui  dengan jelas apa yang  menjadi tujuan  dan apa yang diharapkan  dari tugas tersebut.  Adapun tujuan  dari penugasan / latihan  adalah agar  siswa memiliki keterampilan  khususnya pada pelajaran  akuntansi  siswa mampu mengerjakan  dan menyelesaikan   kertas kerja dengan baik.
            Sebelum tugas / latihan dilaksanakan  oleh siswa , maka tolok ukur  penilaian perlu ditentukan  dan disampaikan  , agar  mereka  melaksanakan  tugas itu dengan  baik  dan meningkatkan hasrat belajar . 
            Dalam  metode penugasan ini  guru harus melakukan  pemeriksaan , apakah tugas  itu dikerjakan  dengan sungguh – sungguh  atau  tidak , apakah   dikerjakan  sendiri  atau dengan kelompoknya  , apakah meniru  siswa lain atau kelompok lain.
Dengan demikian  pemberian tugas  / latihan  diharapkan siswa  benar – benar  mampu dan sanggup  mengerjakan dengan optimal.  Khususnya pada pelajaran akuntansi  pada sub pokok  bahasan  kertas kerja/ worksheet  siswa diharapkan  mampu mengerjakan  dan menyelesaikan  kertas kerja secara optimal dan benar .  

2.3  Rencana Tindakan
            Usaha yang  akan peneliti  lakukan  untuk mencari  solusi  dari masalah  dalam PTK ini  adalah menggunakan  metode penugasan/drill  .  Dalam pembelajaran  dengan  metode  penugasan  ini,  hal – hal yang dapat  dilakukan  guru adalah sebagai berikut :
      1.  Menyusun sekenario pembelajaran
      2.  Mempersiapkan saran dan prasarana
      3.  Membagi tugas untuk  melakukan observasi
      4.  Menarik kesimpulan
      5.  Menyusun hasil PTK,  
       (dan seterusnya...!)
Untuk mendapatkan file contoh proposal lengkap secara GRATIS caranya sbb:

  1.   Silakan sampaikan komentar anda pada kotak komentar di bawah dan tulis e-mail anda.
  2. Tulis e-mail anda:

        Selanjutnya silakan kirim SMS ke nomor: 085235619400 atas nama Masrukhin, untuk mengingatkan n memberitahu saya tentang permintaan anda
  3.      Silakan tunggu saja, file proposal secara lengkap insya Alloh segera saya kirim, trims n semoga bermanfaat....!

        untuk refreshing silakan kunjungi link berikut: http://mas-laroyba.blogspot.com/



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Siaran Bola