15 Oktober 2011

CONTOH PROPOSAL PTK EKONOMI / AKUNTANSI


PROPOSAL

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


  OPTIMALISASI  KETRAMPILAN  MENYELESAIKAN KERTAS  KERJA
( WORKSHEET )  AKUNTANSI  PERUSAHAAN DAGANG MELALUI  METODE DRILL/PENUGASAN  PADA SISWA  KELAS XII IPS MAN PARON NGAWI 

 
 DISUSUN OLEH  :
MASRUKHIN, M.Pd.
NIP. 19731005 200501 1 002


  




TAHUN PELAJARAN 2011/2012



LEMBAR PENGESAHAN

  OPTIMALISASI  KETRAMPILAN  MENYELESAIKAN KERTAS  KERJA
( WORKSHEET )  AKUNTANSI  PERUSAHAAN DAGANG MELALUI  METODE DRILL/PENUGASAN  PADA SISWA  KELAS XII 
MAN PARON NGAWI 

DISUSUN OLEH  :
MASRUKHIN, M.Pd.
NIP. 19731005 200501 1 002

DISETUJUI PADA TANGGAL  …………………….




MENGETAHUI
KEPALA MAN PARON NGAWI




.........................................................



KATA PENGANTAR


            Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal tentang Penelitian Tindakan Kelas ini.
            Pada kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala MAN Paron Ngawi, teman-teman guru ekonomi ekonomi , dan semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan proposal ini. Semoga proposal ini bermanfaat bagi kami khususnya dan pembaca pada umumnya.


                                                                                                Ngawi,  September 2011


                                                                                                            Penulis






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………..         i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………………        ii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………       iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..       iv
BAB I             : PENDAHULUAN
                          1.1 Latar Belakang ……………………………………………       
                          1.2 Rumusan Masalah ………………………………………..        
                          1.3 Tujuan Penelitian …………………………………………        
                          1.4 Manfaat …………………………………………………..       
BAB II            : KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN
                          2.1 Kajian Pustaka ……………………………………………       
                          2.2 Metode Penugasan / Drill …………………………………        
                          2.3 Rencana Tindakan …………………………………………      
BAB III          : METODE PENELITIAN
                          3.1 Setting Penelitian …………………………………………..     
                          3.2 Persiapan Penelitian ……………………………………….      
                          3.3 Siklus Penelitian ……………………………………………     
                          3.4 Instrumen ………………………………………………….      
                          3.5 Analisa dan Refleksi ………………………………………..     
                          3.6 Jadwal Penelitian ……………………………………………   
                          3.7 Rencana Anggaran ………………………………………….    
DAFTAR RUJUKAN ……………………………………………………………   
BIODATA PENELITI

BAB I

PENDAHULUAN

 1.1.   Latar Belakang
            Permasalahan klasik  yang muncul dalam  Pendidikan di Indonesia adalah   rendahnya mutu pendidikan  walaupun berbagai usaha  telah dilakukan untuk  meningkatkan  mutu pendidikan  antara lain  melalui peningkatan  profesionalisme guru  , kajian  kurikulum , peningkatan sarana dan  prasarana  pendidikan.
Keberhasilan  pendidikan  tentunya  ditentukan oleh banyak  faktor, diantaranya  guru  yang profesional.  Guru  harus menghargai  siswa  sebagai  subyek  pendidikan  yang merupakan sumber daya manusia yang potensial  dan  perlu mendapat perhatian  yang sungguh – sungguh  karena  setiap siswa mempunyai  kemampuan bakat  dan prestasi  yang  beragam . Siswa  perlu dikelola  dan dikembangkan  dengan  terencana dan terprogram   dengan baik sehingga  kemampuan bakat dan potensinya  dapat meningkat secara maksimal .    Guru yang profesional  akan mampu dan terampil  mengelola  proses  pembelajaran  , menguasai  beragam metode  dan starategi pembelajaran , mampu  memilih metode pembelajaran  yang sesuai dengan konsep  yang diajarkan , misalnya  pada mata pelajaran Akuntansi Kelas XII  terdapat pokok pembahasan  kertas kerja  / Worksheet  akuntansi  perusahaan dagang,  guru harus mampu  dalam memilih metode  yang tepat dengan konsep  akuntansi tersebut. Tetapi  kenyataan siswa merasa kesulitan siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan kertas kerja (worksheet). Hal ini kemungkinan guru kurang tepat menggunakan metode mengajar, guru kurang memberikan latihan-latihan mengerjakan kertas kerja (worksheet) sehingga ketrampilan siswa masih kurang optimal.
            Sehubungan dengan hal tersebut  di atas maka  penulis  mengambil judul   “ Optimalisasi  keterampilan  menyelesaikan  kertas kerja  / Work sheet  akuntansi  perusahaan dagang  melalui metode   penugasan / Driil  pada siswa kelas XII   MA. Harapannya adalah dengan  memilih metode  pembelajaran tersebut  siswa lebih  terampil dan optimal dalam menyelesaikan  kertas kerja.

1.2.       Rumusan Masalah
           Berdasarkan kenyataan  dilapangan  ditemukan  masalah sebagai berikut :
  1.     Mengapa ketrampilan  siswa menyelesaikan  kertas kerja  di Akuntansi  Perusahaan Dagang  masih kurang optimal  ?
  2.     Bagaimana  caranya mengoptimalkan  ketrampilan  siswa dalam   menyelesaikan kertas kerja/worksheet ?
  3.     Apakah ketrampilan siswa  meningkat setelah  menggunakan metode penugasan/drill ?
1.3.     Tujuan Penelitian
                  Tujuan   yang  ingin dicapai  sesuai dengan rumusan  masalah diatas adalah sebagai berikut  :

  1.       Mengoptimalkan  ketrampilan  siswa dalam  menyelesaikan  kertas kerja  akuntansi Perusahaan Dagang
  2.       Untuk mengetahui ketepatan  penggunaan metode  penugasan/latihan  dalam mengoptimalkan  keterampilan siswa  menyelesaiakan kertas kerja
  3.       Untuk mengetahui sejauh mana  peningkatan ketrampilan  siswa menyelesaikan kertas kerja/ worksheet  setelah menggunakan  metode  penugasan/latihan
1.4.    Manfaat  Hasil Penelitian
Adapun manfaat dari  penelitian  tindakan kelas ini  dapat dijelaskan sebagai  berikut  :
      1.  Bagi Guru
Dengan dilaksanakannya  penelitian ini,  guru dapat  mengintropeksikan diri    memperbaiki sistem    pembelajaran  ekonomi khususnya   akuntansi. Sehingga permasalahan  yang dihadapi   baik menyangkut siswa  , guru  dan materi pembelajaran  dapat diatasi.
2.  Bagi Siswa
Hasil penelitian ini akan dapat  bermanfaat bagi siswa  berupa diperolehnya ketrampilan  menyelesaikan  kertas kerja akuntansi  secara optimal.



BAB II   
KAJIAN  PUSTAKA  & RENCANA TINDAKAN

2.1 Kajian Pustaka
            Dalam kedudukannya  pelajaran Akuntansi  sebagai sarana untuk  mengembangkan pengetahuan  , keterampilan,  sikap rasional, teliti,  jujur, dan bertanggung jawab.  Pelajaran akuntansi di MA  dapat membekali tamatan  MA dalam berbagai  kompetensi dasar , agar mereka  menguasai dan mampu  menerapkan konsep – konsep dasar  , prinsip dan prosedur  Akuntansi yang benar, baik untuk kepentingan  melanjutkan pendidikan  ke Perguruan Tinggi  ataupun terjun ke masyarakat.
            Dewasa ini Akuntansi  telah berkembang  menjadi salah satu  ilmu  yang sangat penting  , sejajar dengan ilmu – ilmu  lain seperti Ekonomi  dan  Matematika . Namun banyak  yang salah menilai   bahwa akuntansi  hanya bermanfaat  bagi perusahaan besar  . Padahal  Ilmu Akuntansi  sangat berguna bagi  siapa saja  seperti perusahaan, organisasi, bisnis dan ibu rumah tangga  untuk  mengelola  anggaran  keuangan rumah tangga  , ataupun anak sekolah  yang ingin menyusun laporan  keuangan pemasukan  dan pengeluaran uang sakunya.
            Akuntansi sendiri mempunyai  arti proses  mengidentifikasi , mengukur, dan melaporkan informasi  ekonomi untuk  memungkinkan dilakukannya  penilaian serta pengambilan  keputusan secara  jelas  dan tegas bagi pihak – pihak  yang menggunakan informasi tersebut.  Jadi jelas tujuan utama  akuntansi adalah  menyajikan informasi  ekonomi (  Economic Information )  dalam bentuk laporan keuangan.
            Ulasan  diatas  menggambarkan   Akuntansi  secara umum.  Pada Penelitian Tindakan Kelas kali ini penulis  membatasi pada akuntansi  perusahaan dagang, khususnya pada tahap  pengikhtisaran.  Akuntansi perusahaan dagang secara umum  hampir sama dengan badan usahan lain. 
Ada beberapa tahapan  dalam Akuntansi Perusahaan dagang:
1. Tahapan Pencatatan
Tahap ini merupakan  tahap pertama  dari siklus akuntansi . Tahap pencatatan meliputi 3 langkah  kegiatan yang saling  berkaitan yaitu :  pembuatan dokumen/ bukti transaksi, pencatatan kedalam  jurnal &  posting ke Buku Besar.
2.  Tahap Pengikhtisaran
      Setelah tahap pencatatan  selesai selanjutnya  mengerjakan tahap pengiktisaran  yang meliputi  :  penyusunan  neraca  saldo,  membuat ayat  penyesuaian,  dan membuat   kertas  kerja .
3.  Tahap Pelaporan / Penyusunan Laporan Keuangan.
      Pada tahap pelaporan ini menyajikan laporan-laporan keuangan yang dicapai koperasi  dalam suatu periode. Terdiri dari laporan neraca, laporan  laba rugi, dan laporan perubahan modal.
Pada penelitian Tindakan Kelas ini penulis hanya membatasi pada tahap yang kedua yaitu tahap pengikhtisaran khususnya membuat kertas kerja. Sebelum membahas kertas kerja tidak ada salahnya penulis menguraikan sedikit tentang tahap pengikhtisaran. Pada tahap pengikhtisaran ini meliputi :
a.       Penyusunan neraca saldo yang diawali dari pembuatan buku besar. Besar debit  dan kredit harus sama .
b.      Menyusun ayat jurnal penyesuaian .
Jurnal penyesuaian dibuat untuk mengetahui yang sebenarnya, berapa besar yang telah dikorbankan atau yang dihasilkan. Akun yang perlu disesuaikan antara lain perlengkapan, beban dibayar dimuka, penyusutan harta tetap, beban yang masih harus dibayar, pendapatan diterima dimuka dan pendapatan yang masih harus diterima.
c.       Membuat kertas kerja / worksheet.
Kertas kerja /worksheet adalah kertas berkolom / neraca lajur yang digunakan sebagai kertas kerja dalam penyesuaian laporan keuangan. Penggunaan kertas kerja dapat mengurangi kesalahan keuangan. Disamping itu kertas kerja juga dapat digunakan untuk memeriksa ketepatan perhitungan yang dilakukan. Format kertas kerja / worksheet pada dasarnya terdiri dari sepuluh kolom antara lain:
1.      Kolom neraca saldo
Kolom neraca saldo merupakan kolom pertama dalam kertas kerja yang isinya di ambil dari saldo-saldo buku besar utama. Jumlah kolom debit dan kredit harus sama.
2.      Kolom penyesuaian
Dalam kolom ini yang ada hanya akun yang terlibat waktu disesuaikan, sehingga penyesuaian nilainya diambil dari jurnal penyesuaian. Jumlah kolom debit dan kredit harus sama.
3.      Kolom neraca saldo setelah disesuaikan.
Kolom ini berisi nilai akun yang telah disesuaikan antara neraca saldo dengan penyesuaian. Jumlah kolom debit dan kredit harus sama.
4.      Kolom Rugi/ Laba
Kolom ini berisi akun-akun nominal yaitu akun pendapatan dan akun beban. Jumlah kolom debit dan kredit boleh sama boleh tidak sama. Jika kolom debit lebih kecil dari kolom kredit maka perusahaan /koperasi dalam keadaan laba, sebaliknya jika kolom debit lebih besar dari kolom kredit maka perusahaan / koperasi dalam keadaan rugi, dan jika kolom debit dan kolom kredit sama, maka koperasi dalam keadaan impas.
5.      Kolom neraca
Kolom ini berisi akun harta, utang dan modal


2.2 Metode  Penugasan/ Drill
            Metode penugasan  disini mempunyai  arti guru memberikan  tugas kepada siswanya  baik itu tugas  di rumah maupun tugas di sekolah  yang berupa  latihan – latihan soal.  Didalam memberikan tugas  / latihan harus ada  pedoman tugas  yang harus dikerjakan siswa  . Siswa harus mengetahui  dengan jelas apa yang  menjadi tujuan  dan apa yang diharapkan  dari tugas tersebut.  Adapun tujuan  dari penugasan / latihan  adalah agar  siswa memiliki keterampilan  khususnya pada pelajaran  akuntansi  siswa mampu mengerjakan  dan menyelesaikan   kertas kerja dengan baik.
            Sebelum tugas / latihan dilaksanakan  oleh siswa , maka tolok ukur  penilaian perlu ditentukan  dan disampaikan  , agar  mereka  melaksanakan  tugas itu dengan  baik  dan meningkatkan hasrat belajar . 
            Dalam  metode penugasan ini  guru harus melakukan  pemeriksaan , apakah tugas  itu dikerjakan  dengan sungguh – sungguh  atau  tidak , apakah   dikerjakan  sendiri  atau dengan kelompoknya  , apakah meniru  siswa lain atau kelompok lain.
Dengan demikian  pemberian tugas  / latihan  diharapkan siswa  benar – benar  mampu dan sanggup  mengerjakan dengan optimal.  Khususnya pada pelajaran akuntansi  pada sub pokok  bahasan  kertas kerja/ worksheet  siswa diharapkan  mampu mengerjakan  dan menyelesaikan  kertas kerja secara optimal dan benar .  

2.3  Rencana Tindakan
            Usaha yang  akan peneliti  lakukan  untuk mencari  solusi  dari masalah  dalam PTK ini  adalah menggunakan  metode penugasan/drill  .  Dalam pembelajaran  dengan  metode  penugasan  ini,  hal – hal yang dapat  dilakukan  guru adalah sebagai berikut :
      1.  Menyusun sekenario pembelajaran
      2.  Mempersiapkan saran dan prasarana
      3.  Membagi tugas untuk  melakukan observasi
      4.  Menarik kesimpulan
      5.  Menyusun hasil PTK,  
       (dan seterusnya...!)
Untuk mendapatkan file contoh proposal lengkap secara GRATIS caranya sbb:
Silakan sampaikan komentar anda pada kotak komentar di bawah dan tulis e-mail anda. Selanjutnya silakan kirim SMS ke nomor: 085235619400 atas nama Masrukhin, untuk mengingatkan n memberitahu saya tentang permintaan anda. Silakan tunggu saja, file proposal secara lengkap insya Alloh segera saya kirim, trims n semoga bermanfaat....!


PENTING!
      Karena kesibukan dan lain hal sehingga mengakibatkan permintaan file proposal PTK terlambat dan bahkan sampai tidak dikirim, maka dari itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan untuk selanjutnya file langsung bisa diunduh/didownload dengan cara KLIK tautan di bawah ini:


PROPOSAL PTK EKONOMI: NERACA LAJUR PERUSAHAAN DAGANG

      untuk refreshing silakan kunjungi link berikut: http://mas-laroyba.blogspot.com/



208 komentar:

  1. Pak Masrukhin,,
    Mohon bantuan nya saya ingin melihat contoh proposal lengkap PTK mengenai worksheet..
    email saya nia_rhi3sty@yahoo.com

    Mkasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. File sudah saya kirim ke e-mail jenengan, semoga bermanfaat.
    Jangan lupa beri kabar kalau sudah nyampai, trims atas kunjungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass wr wb, pak masrukhin saya mohn bantuannya igin melihat contoh proposal tesis ptk tentang ekonomi di SMA
      sebelumnya terimakasih atas bantuannya
      wasalam ......

      Hapus
  3. pak masrukhin
    mhon bntuannya sya ingin lihat contoh proposal PTK ekonomi lengkap
    email saya ikhsan.muhammad91@gmail.com

    trims sebelumnya

    BalasHapus
  4. Pak bisa mohon dikirimkan contoh Proposal karya ilmiah tentang ilmu akutansi ke lastri@citasys.com . Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  5. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n beri konfirmasi kalau dah diterima, trims

    BalasHapus
  6. Trim's atas pencerahannya semoga jadi amalan kebaikan bila berkenan saya mohon dikirimi ptk lengkap ke email saya edyczkurniawan@yahoo.com

    BalasHapus
  7. File saya proses untuk dikirim ke email di atas tapi gagal, mungkin email sudah tidak aktif atau penulisan alamat amail salah, mohon dicek ulang atau akai email lain yang aktif, trims

    BalasHapus
  8. pak saya tertarik dengan contoh ptknya, mohon sekiranya bantuannya untuk di kirim ptk lengkapnya. terima kasih. mari kita gunakan internet untuk kemajuan pendidikan
    joni_mmc@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. File sudah saya kirim, semoga bermanfaat, mari.....!!! trims

    BalasHapus
  10. asslamualaikum.wr.wb
    maaf nyaru,saya juga minta file nya mister
    terimakasih

    cakkebumen@gmail.com

    BalasHapus
  11. Wa'alaikumussalam ww
    file dah dikirim cak joko, semoga bermanfaat azza...!!!

    BalasHapus
  12. Pak, tolong dikirim proposalnya ke lempokboy@yahoo.co.id

    Terima kasih

    BalasHapus
  13. langsung dikirim n salam silaturrohim

    BalasHapus
  14. assalamualaikum
    setelah saya lihat bloog nya bapak,seperti nya bisa di jadiin pedoman buat menyelesaikan tugas akhir...



    untuk itu saya minta tolong kirimin proposal yang lengkap mengenai PTK woorshet pak,
    ke alamat email,dhelfa_18@yahoo.com

    BalasHapus
  15. wa'alaikumussalam ww
    file saya kirim ke email di atas, terima kasih atas kunjungannya!

    BalasHapus
  16. bapak mohon kirimi saya file selengkapnya
    ni alamat email saya

    guswhy_wahyu@yahoo.com

    BalasHapus
  17. file dah dikirim semoga bermanfaat n bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan, trims

    BalasHapus
  18. asalmkum pak masrukhi saya mahasiswa yg sedang menyelasaikan studi saya dalam bidang ekonomi. saya mohon bantuan agar bapak mengirimkan contoh proposal PTK yang berkaitan dengan ekonomi manajemen ke email saya armada.rindu@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  19. assalmkum pak masrukhin, saya guru ekonomi SMA di Jakarta yg sedang menyusun PTK saya dalam bidang ekonomi /akuntansi. saya mohon bantuan agar bapak mengirimkan contoh proposal PTK yang berkaitan dengan ekonomi / akuntansi ke email ini okta18@yahoo.com
    terima kasih bynk atas bantuannya

    BalasHapus
  20. pak saya butuh lengkapnya proposal ini untuk bahan tunjang makalah saya...
    tolong dikirimkan ke email saya: oy3n_imoetz@yahoo.com
    thanks

    BalasHapus
  21. file sudah dikirim ke email-email di atas, salam kenal n thx atas kunjungannya!

    BalasHapus
  22. Selamat siang pak. saya ingin minta tolong kirimin proposal tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

    BalasHapus
  23. askum pak, salam kenal
    bapak mohon kirimi saya file selengkapnya
    ni alamat email saya
    yusufalmisra@gmail.com

    BalasHapus
  24. Ass.pak salam kenal
    Pak minta bantuan kirimi saya proposal PTK ekonomi / akuntansi.ini alamat email saya : sumariyonokalen@ymail.com
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wass.

    BalasHapus
  25. Ass war wb. Tlg kirim ke emailku smam.boleng@yahoo.com contoh PTK Ekonomi tentang kertas kerja dan bentuk-bentuk pasar. Makasih

    BalasHapus
  26. Ass,salam kenal.
    pak saya minta contoh proposal ptk ekonomi/ akuntansi yg lengkap ini alamat email saya: Yenis920@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum. Mohon dikirimkan ke email ku ya Pak contoh PTK ekonomi yang lengkap.. destriafunny@gmail.com

    BalasHapus
  28. pak saya butuh lengkapnya proposal ini untuk bahan penunjang makalah saya...
    Email saya: kuslinah@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  29. poerwaat@gmail.com7 Februari 2012 pukul 21.15

    salam kenal, saya purwati. mohon bantuannya contoh PTK ekonomi SMA. alamat email saya poerwaat@gmail.com saya tunggu balasannnya.
    trimakasih.

    BalasHapus
  30. Salam kenal untuk bapak. Saya mohon bapak berkenan mengirimkan proposal ini ke email rsq_luph@yahoo.co.id sebagai bahan referensi sy. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  31. terima kasih untuk Pak Masrukhin,,,emailnya sdh sy terima

    BalasHapus
  32. Tlong d kirim k email sya yah pak contoh PTK Ekonomi d syamsulbachri14@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  33. salam kenal, saya aris. saya mohon bapak berkenan untuk mengirimkan proposal ini ke email saya handyriska_69@yahoo.com terima kasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
  34. ass, salam kenal pak, saya mohon bpk berkenan mengirimkan proposal ini ke email saya titik.miningsih@yahoo.com proposal ini akan sangat bermanfaat bagi sy. atas perhatian bpk sy ucapkan banyak terima kasih, sy tunggu ya pak.........

    balas.....

    BalasHapus
  35. saya senang membaca judul ptk bapak. tolong kirimkan ke saya email saya linaancor69@yahoo.com

    BalasHapus
  36. Sore pa Masrukhin
    mohon bantuannya, saya ingin melihat PTK lengkap akuntansi kelas XII dan ptk ekonomi kelas XII
    email saya : chiezy_girly@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  37. assalaamu 'alaikum w.w.
    Terimakasih atas publikasi PTK Akuntansi oleh Bapak Masrukhin. Tentu akan sangat bermanfaat bagi kami khususnya para guru akuntansi. Untuk acuan dan pembanding mohon dikirim PTK lengkap ke email saya (slamet_hariyono2003@yahoo.com). Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  38. mohon bantuan tlg kirimkan proposal ptk ekonomi sma
    ke alamat email: lopeee_angel@ymail.com

    BalasHapus
  39. akhmad adi purnawarman26 Maret 2012 pukul 08.12

    mas mohon dikirimin Ptk ekonomi kelas X, XI dan XII sebagai refrensi dong mas ke e-mail saya, adie.berlin@yahoo.com

    BalasHapus
  40. slamet_hariyono2003@yahoo.com, lopeee_angel@ymail.com, adie.berlin@yahoo.com
    file sudah dikirim, mohon beri konfirmasi kalau sudah diterima, trims

    BalasHapus
  41. malam pak, saya mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh ptk ekonomi sma yanglengkap ke email saya petrus_pamungkas@yahoo.com
    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  42. saya sangat tertarik dengan proposal PTK Eko/Akuntansi punya bapa,mohon bantuannya untuk mengirimkan ke email saya syahminiwati@yahoo.co.id terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  43. Mustofa S
    Terimakasih banget Jayakumullah, atas kesediaan mengirimkan contoh proposal ptk khususnya praktek akuntansi, semoga Bpk Mendapat limpahan pahala dari Allah , Amin
    mustofasaifullah@yahoo.com

    BalasHapus
  44. Pak Masrukhin..
    Mohon bantuannya, saya ingin melihat contoh proposalnya lengkap.
    Email saya dewiratihkumara@gmail.com

    Terimakasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
  45. assalamu alaikum.....
    pak saya sangat tertarik dengan contoh ptk akuntansi itu,,,sekira saya bisa mendapatkan file lengkapnya krn contoh diatas adalah sangat tepat yang saya cari.besar harapan saya bapak bisa membantu saya dengan mengrimkan file lengkapnya,
    terima kasih banyak atas bantuannya....
    hormat saya.
    abdul hasan
    enail. abdulhasan_buton@yahoo.co.id

    BalasHapus
  46. selamat pagi pak masrukhin :D

    saya tertarik dengan judul ptk nya. sebagai pengajar akuntansi saya ingin menerapkan beberapa penelitian ini di kelas saya.

    jika bapak berkenan saya mohon di kirim naskah lengkap ptk ini bersama contoh contoh lain yang relefan ke yandriana_fm@yahoo.co.id :D

    atas bantuan nya saya ucapkan banyak terima kasih. sukses selalu untuk bapak

    BalasHapus
  47. Terimakasih, sangat menarik. mohon dikirimkan ke e-mail saya bundafakhri2@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  48. pa tolong dibantu kirimkn PTK ttg worksheet lengkap. KEREN ABIZ. trima kasih ini yg sy cari2

    BalasHapus
  49. Pak, PTK ini sangat lengkap dan saya harap dapat membantu bagi ibu saya yang merupakan pengajar akuntansi. Mohon bantuannya untuk mengirimkan ke email saya irda.pakombong@gmail.com, terima kasih, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat, trims

      Hapus
  50. Pak Masrukhin yang saya hormati, tolong kirimkan contoh Proposal PTK Ekonomi/Akuntansi yang lengkap ya...mohon bantuannya pak...terima kasih sebelumnya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon sertakan alamat email yang masih aktif, trims

      Hapus
  51. Pak Masrukhin...
    di mohon bantuannya, agar kirax bapak berkenan mengirimkan contoh Proposal PTK AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG MELALUI METODE DRILL/PENUGASAN.
    sebelumnya di ucapkan banyak terimakasih...


    ahe7_kajuara@yahoo.co.id

    BalasHapus
  52. Assalamu'alakum...
    ayah saya (DRS. AHMAD, guru akuntansi d smk 1 sinjai) sedang menyusun ptk)dan menyukai artikel bapak PTK AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG MELALUI METODE DRILL/PENUGASAN. di mohon agar kiranya bapak berkenan mengirim ke email ahe7_kajuara@yahoo.co.id

    salam kenal dan terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat
      salam kenal juga
      trims

      Hapus
  53. Assalaum,alaikum, Pak saya tertarik dengan contoh proposal PTK akuntansi Bapak.Saya mohon bapak berkenan mengirim file tersebut ke email saya : xwind_zeilla@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat
      trims

      Hapus
  54. Keren abis proposalnya pak, mhn krm ke email sy ya, aida_jur@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, mohon konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  55. pak, PTK bapak akan dijadikan pedoman untuk PTK yang akan dibuat ibu saya. untuk itu saya mohon pada bapak untuk mengirimkan filenya pak
    email saya ragdhamuthia_khansa@ymail.com
    terimakasih bapak Masrukhin :D

    BalasHapus
  56. pak Mas, Mohon bantuanya untuk dapat mengirim file PTK sebagai bahan reperensi saya dalam menyusun PTK.. Alamat email saya sukma_susilawati@yahoo.co.id
    atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  57. Assalamualaikum....
    pak tolong kirimkan contoh ptk ekonomi yang lengkap.matur nuwun pak sebelumnya....ke alamt email saya amsiwati@ymail.com
    Wassalam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  58. assalamualaikum...
    pak tolong kirimkan proposal ptk akuntansi yang lengkap...alamat email saya yuli_f3ani@yahoo.co.id
    trima kasih...wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  59. assalamualaikum...
    pak tolong kirimkan proposal ptk akuntansi dan ekonomi yang lengkap/ bapak punya alamat si web untuk referensi...alamat email saya budisago92@gmail.com
    trima kasih...semoga menjadi amal kebaikan. wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  60. Assalamu'alakum...
    ibu saya (Ibu Machmuda,S.Pd guru ekonomi d sma 2 mojokerto) sedang menyusun ptk)dan menginginkan PTK Ekonomi Akuntansi yang bapak buat untuk dijadikan referensi. Mohon agar kiranya bapak berkenan mengirim ke email nov18_mw@yahoo.com

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  61. Ass pak sya mohon dikirimkan contoh PTK fullnya donk buat contoh sy juga sbagai bahan referensi ni almt email sy ay_lee_freaky@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
    2. assalamualikum wr..wb..
      pak, tolong kirimkan file PTK di atas secara lengkap ke alamat email saya : janapelu@gmail.com
      terimakasih sebelumnya.

      Hapus
  62. ass pak saya mohon tolong di kirim contoh proposal penelitian pada jurusan ekonomi dan akuntansi pada dilaksanakan pd tingkat SMP maupun SMA Pak..ini alamat email saya yha pak
    sarina.sihombing@rocketmail.com.
    trimakasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  63. Assalamu'alakum Pak
    Bisa minta tolong dikirimin juga contohn PTK ekonomi yg lengkap untuk SMP dan SMA ?
    Email saya : yellias@hotmail.com
    Terimakasih banyak Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
    2. File nya sudah sampai Pak. Terimakasih banyak :D

      Hapus
  64. Assalamualaikum pak.
    Saya guru akuntansi yg sedang menyusun PTK akuntansi untuk SMA kelas XI dan XII,mohon bantuannya untuk contoh PTK akuntansi jasa dan dagang lengkap ke titorahadi@yahoo.co.id,terima kasih atas bantuannya pak.

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  65. pak tolong kirimkan file di atas yang lengkap. ini email saya fitri.andna@ymail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
    2. Assalamualaikum WW
      Pak Mas, semua PTK yang lengkap, ke email affandi.putra@rocketmail.com, mudah-mudahan menjadi amal baik Bapak.
      Terima kasih sebelumnya.

      Hapus
  66. Assalamualaikum WW
    Pak Mas, tolong kirim semua PTK yang lengkap, ke email affandi.putra@rocketmail.com sebagai bahan untuk belajar membuat PTK, mudah-mudahan menjadi amal baik Bapak.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
    2. Terima kasih banyak, Pak Mas, Proposal PTK bentuk Pasar sudah saya terima. sekali lagi terima kasih.

      Hapus
  67. assalmkum pak masrukhin, saya Pak Amrullah guru ekonomi SMA di Kalimantan Tengah yg sedang menyusun PTK saya dalam bidang ekonomi /akuntansi. saya mohon bantuan agar bapak mengirimkan contoh proposal PTK yang berkaitan dengan ekonomi / akuntansi ke email ini sman2kumai@yahoo.co.id
    terima kasih bynk atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  68. Selamat siang Pak Masrukhin, minta tolong bisa dikirimkan proposal ptk akuntansi yang lengkap...alamat email saya yonathanpwdd@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siang
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  69. Assalamualaikum WW
    Pak Mas, nama saya Imam guru Ekonomi, di MA. As- Syafi'ie, tolong kirim semua PTK yang lengkap, ke email ma_assyafiie@yahoo.com sebagai bahan untuk belajar membuat PTK, mudah-mudahan menjadi amal baik Bapak.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
    2. Assalamualaikum WW
      Pak Mas, saya rivho permana, ptk ini untuk ibu saya, ibu saya guru ekonomi di SMAN 02 kerkap, tolong kirim ptk ekonomi yg lengkap.terima kasih
      wassalamualaimu wr,wb

      Hapus
    3. ke email rivhobleace@yahoo.co.id

      Hapus
  70. pak..mohon dikirimi ptk ekonominya ...untuk pembelajaran pembuatan ptk....,sebelumnya makasie banyak pak....

    BalasHapus
  71. pak...minta tolong dikirimi proposalnya yaa...buat referensi buat roposal PTK...Makasih banyak pak
    alamat email saya,,,
    dhany.xiis3.30@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah diterima, trims

      Hapus
  72. Assalamualaikum WW
    Pak Mas, saya rivho permana, ptk ini untuk ibu saya, ibu saya guru ekonomi di SMAN 02 kerkap, tolong kirim ptk ekonomi yg lengkap ke email rivhobleace@yahoo.co.id .terima kasih
    wassalamualaimu wr,wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah diterima, trims

      Hapus
    2. sip, terima kasih bnyak PAk Mas

      Hapus
  73. Selamat malem Pak Masrukhin, minta tolong bisa dikirimkan proposal ptk akuntansi yang lengkap...alamat email saya firddausy2008@yahoo.co.id
    Terima kasih

    BalasHapus
  74. alamat email saya firdausy2008@yahoo.co.id
    Selamat malem Pak Masrukhin, minta tolong bisa dikirimkan proposal ptk akuntansi yang lengkap...
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah diterima, trims

      Hapus
  75. tolong pak mas dikirimkan sy via email tentang proposal PTK akuntasi tentang kertas kerja soal sesuai dengan bidang mata pelajaran yang saya ajarkan..
    email sy : ar.ridho_btyg@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah diterima, trims

      Hapus
    2. blm ada masuk file kelanjutan PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS OPTIMALISASI KETRAMPILAN MENYELESAIKAN KERTAS KERJA ( WORKSHEET ) AKUNTANSI PERUSAH..., ke email saya.
      tolong pak mas dikirimkan.,makasih
      ar.ridho_btyg@yahoo.com

      Hapus
  76. tolong pak mas sy dikirimkan proposl akuntansi ini, ke anikguruma@yahoo.com, terima kasih

    BalasHapus
  77. pak mas tolong saya juga dikirimkan proposal PTK lengkap ke anikguruma@yahoo.com, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah diterima, trims

      Hapus
    2. terima kasih pak file sudah masuk

      Hapus
  78. blm masuk file nya pak mas ke email ar.ridho_btyg@yahoo.com
    tlg dikirimkan ya makasi

    BalasHapus
  79. Ass. Pak minta donk ptk lengkapnya buat belajar lagi saya..
    email saya rachma77@gmail.com
    makasih ya sebelumnya....

    BalasHapus
  80. asslm... pak. mohom kirim ke email riyadulzanah@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  81. Ass..pak saya minta bantuannya dikirim file ptk akutansi lengkapnya. email saya iyungyun08@gmail.com,,,terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  82. asalamu'aallaikum
    pak minta tolong contoh ptk ekonomi/akutansi secara lengkap, terima kasih atas bantuanya
    esti174@yahoo.co.id

    BalasHapus
  83. mohon bantuannya, sy butuh ptk bapak untuk dijadikan bahan bacaan dan acuan.. makasih banyak bantuannya pak. apriyandi_ak@yahoo.co.id

    BalasHapus
  84. selamat sore pak...
    pak mas tolong saya dikirimin proposal lengkap PTK ekonomi SMA
    email saya merry_rumapea@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya pak..

    BalasHapus
  85. terima kasih kiriman filenya pak ,,insyaallah bermanfaat. saya tunggu kiriman file ptk yang kelas 10 Bentuk2 pasar pa

    BalasHapus
  86. Ass. salam kenal pak. Minta tolong contoh-contoh PTK Lengkapnya dikirim ke kasmaabduh@gmail.com. Tks

    BalasHapus
  87. Assalamualikum wr.wb tolong pak kirim proposal PTKnya ke email saya arjuna_17r@yahoo.com

    BalasHapus
  88. Waalaikumussalam wr wb
    Semua permintaan di atas tulisan ini insya Alloh sudah saya kirim, mohon maaf atas keterlambatan respon (karena padatnya aktifitas) & semoga bermanfaat.
    Mohon maaf juga karena saya hanya melayani permintaan dari komentar yang muncul di blog ini, thanks

    BalasHapus
  89. assalamualaikum pak,
    mohon bs dikirim contoh ptk ekonomi ke email sy : two_libi@yahoo.com. tks

    wassalam

    BalasHapus
  90. Assalamualaikum pak,,,,
    pak, saya baru belajar membuat PTK, mohon bantuan a untuk krim contoh PTK Ekonomi ke email saya : Eliana_cayoo@yahoo.co.id.trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  91. pak, saya ingin melihat Proposal PTK ini secara lengkap,
    mohon bantuan nya ya pak,
    ini E-mail saya pak,

    nithalovemama@yahoo.com
    terima kasih pak..

    BalasHapus
  92. pak mas...bisa mohon dikirimkan proposal ptk akuntansi sma,saya sedang belajar membuat ptk,,trimakasih sebelumnya email saya vitafadliana@yahoo.co.id

    BalasHapus
  93. pak mas...tolong dikrmkan proposal ptk akuntansi sma, sy sedang belajar membuat ptk...trima kasih banyak ya pak,...smg Allah SWT selalu memudahkan semua urusan bapak...
    email saya halija_82@yahoo.com

    BalasHapus
  94. bisa dikirimkan file lengkapnya ke email saya antonhamdali@yahoo.com. Terima kasih

    BalasHapus
  95. Ass...
    Proposalnya sangat bagus.... adaikan bisa di kirim secara lengkapnya pak... trimakasih
    email : hackluciver@gmail.com

    BalasHapus
  96. salam sejahtera pak...
    mhn bantuannya, saya memerlukan file lengkap PTK diatas utk bhn referensi saya. tolong dikirim ke w.hareza@yahoo.com
    trm ksh

    BalasHapus
  97. pa mohon dikirimkan proposal ptk ke email saya nsitiunoni@ymail.com terima kasih banyak sebelumnya pak

    BalasHapus
  98. Salam Kenal Pak, saya butuh lengkapnya proposal ini untuk bahan penunjang PLPG saya...
    tolong dikirimkan ke email saya: ekosupriyati@yahoo.com
    thanks

    BalasHapus
  99. Salam pak, saya mohon dikrimkan proposal ptk lengkap ke alamat email saya indrayanibampe@gmail.co.id

    makasih sebelumnya pak....:-)

    BalasHapus
  100. Assalamualaikum pak,,,,
    pak, istri saya baru belajar membuat PTK, mohon bantuanya untuk krim contoh PTK Ekonomi ke email saya : em_pree@yahoo.co.id.trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  101. Assalamualaikum pak,,,,
    pak, Istri saya baru belajar membuat PTK, mohon bantuan a untuk krim contoh PTK ini secaara lengkap ke email saya : em_pree@yahoo.co.id.trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  102. assalamu'alaikum pak..saya andri pak..minta tolong pak tuk kirim file lengkap ptk nya ke alamat e-mail abyandri28@yahoo.com

    BalasHapus
  103. sAYA SANGAT BERTERIMA KASIH SKALI ATAS BANTUAN NYA PAK.... SAYA BARU BELAJAR BUAT PTK..SEKIRANYA BOLEH TOLONG DIKIRIMKAN FILE LENGKAPNYA DI smk_kristenmkl@yahoo.co.id sebagai contoh untuk program keahlian di sekolah kami. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  104. Assalamu'alaikum....semoga bapak senantiasa selalu dilindungi Allah SWT. amnin..
    saya mohon bantuan bapak tetang proposal ptk Ekonomi,lengkap..terima kasih atas bantuannya pak..ini email saya pak atoen.hanie@gmail.com
    semoga Allah membalas kebaikan bapak..

    BalasHapus
  105. maaf banget baru bisa balas, karena aktifitas sangat padat n semoga bermanfaat

    BalasHapus
  106. Assalamu'alaikum pak..saya Heri, baru belajar membuat ptk, minta tolong pak tuk kirim file lengkap ptk nya ke alamat e-mail ah20865@yahoo.com. Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  107. assalamu'alaikum pak...sy jo dari cikarang bks, sy sangat tertarik buat ptk sperti punya bp, tolong kirimin file ptk lengkapnya ya pak ke alamat : dsoeharjo@yahoo.com. trimakasih atas bantuannya..

    BalasHapus
  108. Assalamu alaikum pak, Saya sedang belajar membuat ptk dan kebetulan membaca ptk bapak. saya sangat tertarik mengetahui kelanjutannya sebagai bahan pembelajaran saya. tolong kirim ptk lengkap ya pak ke alamat saya : humrahdgcaya@yahoo.co.id. terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
  109. assalamu'alaikum pak.... saya tertarik untuk melihat lebih lanjut PTK sampean yang berkaitan dengan akuntansi. Kalau tidak keberatan mohon dikirim contoh PTK akuntansi lainnya bos...
    Matur suwun,
    Trima kasih
    Thank You

    BalasHapus
  110. pak masrukhin
    mhon bntuannya sya ingin lihat contoh proposal PTK ekonomi lengkap
    email saya nur.komar256@gmail.com

    BalasHapus
  111. Pak Masrukhin,,
    Mohon bantuan nya saya ingin melihat contoh proposal lengkap PTK mengenai worksheet..
    email saya whiny_91@yahoo.com

    Mkasih sebelumnya

    BalasHapus
  112. salam,,pak masrukhin..
    mohon maaf sebelumnya sudah merepotkan,,

    tolong kirim file lengkap ptk metode penugasan untuk sma (ekonomi)

    -sekian dan terimakasih-


    *Yani*

    BalasHapus
  113. e-mail saya yani.fitriani77@gmail.com

    terimakasih sebelumnya..
    :)

    BalasHapus
  114. email saya chinkitaang@gmail.com

    tolong dikirim yaa terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  115. tolong kirimkan ke e-mail cute_rafa28@yahoo.com
    Makasih

    BalasHapus
  116. assalamu'alaikum...
    Pak Masrukhin, salam kenal...
    saya SAFRIZAL, dari Lamongan.
    sebelumnya minta maaf karena kurang sopan.
    pak, kalau boleh saya minta dikirimi contoh PTK untuk materi Agama dan Umum (Ekonomi/B. Indonesia/Sosiologi/apa ja terserah bapak) ke email saya (safrizalassidawy@ymail.com).
    mohon maaf dan terim kasih.

    BalasHapus
  117. assalamu'alaikum pak Masrukhin...
    kalau boleh saya minta bantuan nya untuk dikirimi lengkap PTK tentang wroksheet dg Metode penugasan/Driil ini pak..sebagai acuan saya membuat proposal.
    (eka.rupita@gmail.com)

    terimakasih sebelumnya n' salam kenal

    wassalam...

    BalasHapus
  118. ASSALAMU'ALAIKUM WR WB YTH BAPAK MASRUKHIN, M.Pd.
    BILA BERKENAN MOHON SAYA DIKIRIMI PTK EKONOMI WORKSHEET METODE DRILL DAN BENTUK PASAR KELAS X LENGKAP UNTUK PEDOMAN NUWUN SEBELUMNYA WASSALAMU'ALAIKUM WR WB email saya edykdragonlotus @ymail.com

    BalasHapus
  119. Hadeuuuuh,,,
    Kurang Lengkap Nii omm

    BalasHapus
  120. pa bisa buatkan proposal penelian buat saya... mengenai pendidikan ekonomi akutansi

    BalasHapus
  121. Assalamualaikum pa Mashrukin bagus sekali contoh proposal PTK boleh minta kirim secara lengkap proposalnya dan kalau ada beberapa contoh proposal lainnya ke email saya toriq_amar@hotmail.com matur nuhun.......

    BalasHapus
  122. assalamu'alaikum wrwb,
    wilujeng ndalu pak, mohon perkenannya untuk bisa mengirimkan contoh PTK mapel Ekonomi SMA ke : setyawan.wng@gmail.com
    matur nuwun,
    Setyawan
    wassalamu'alaikum wrwb.

    BalasHapus
  123. ass....
    pak mas..tolong bantuannya untuk contoh proposal PTK yang lengkap tentang akuntansi (worksheet.....saya tidak tau cara membuat proposal ini, mohon bantuannya pak,,,,
    email saya sriwidayanti_67@yahoo.co.id
    makaseh sebelumnya
    wassalam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass....
      Pak Mas saya sdh terima emailnya...
      terima kasih
      wassalam

      Hapus
  124. assalamu'alaikum wrwb,

    pak perkenalkan saya doni, email saya astro.doni@yahoo.it
    saya sanagat berminat dan tertarik belajar ptk melalui proposal yang telah bapak Masrukhin buat. kalau boleh, saya minta kopian dokumennya.

    saya berjanji untuk mencantumkan nama bapak Masrukhinsebagai sumber referensi bila model/ gaya bahasa bapak saya pergunakan,,

    terimakasih untuk berbagi ilmunya.

    BalasHapus
  125. pak mas saya sudah menerima emailnya.. makasih banyak ya.. bermanfaat sekali.. :)

    BalasHapus
  126. assalamualaikum pak masrukhin,
    saya guru Akuntansi di Parungpanjang Bogor
    yg sedang menyusun PTK saya dalam Mapel akuntansi. saha perlu bahan dan mohon bantuan
    saya mohon degan segala hormat, agar bapak mengirimkan contoh proposal PTK yang berkaitan denga akuntansi ke email ini
    anhar_kamil@yahoo.com
    terima kasih bynk atas bantuannya

    BalasHapus
  127. Pak Masrukhin,,
    Mohon bantuan nya saya ingin melihat contoh proposal lengkap PTK mengenai worksheet..
    email saya boedyoetama@gmail.com

    Mkasih sebelumnya

    BalasHapus
  128. pak masrukhin
    mohon dibantu pak , saya mau melihat contoh lengkap proposal PTK mengenai worksheet
    email saya nurhamidah_jb@yahoo.com



    terimakasih pak
    wassalam

    BalasHapus
  129. mas masrukhin
    tolong saya mas, saya ingin mencontoh proposal ini
    ni email saya aii.taxation@yahoo.co.id

    BalasHapus
  130. Assalamualaikum ..
    Mohon dibantu pak saya sangat tertarik dengan contoh proposal PTK ini .. dan saya ingin mencontoh proposal ini ..
    email saya tickarostika@yahoo.com

    terimakasih banyak pak ..
    wassalamualaikum ..

    BalasHapus
  131. pak tlong kirimkan contoj proposal lengkap tentang penelitian tindakan kelas ke email sy azmy33@gmail.com

    BalasHapus
  132. Pak... mhon di bntu krim contoh proposal PTK ke email saya joko.sone7@gmail.com
    saya ingin mncontoh proposal ini...
    terima kasih sblumx Pak...
    smoga sukses slalu...

    BalasHapus
  133. aslkm,,pak mohon bantuannya untuk mempermudah oenelitian saya,,mohon bantuan bapk untuk mengirimkan contoh proposal PTK Ekonomi---akuntansi ke email saya ( musleh.jeddih@gmail.com

    BalasHapus
  134. assalamualaikum pak, mohon bntuannya saya ingin lihat contoh proposal PTK ekonomi lengkap sebagai refrensi untuk tugas penelitian saya.
    email saya teni.tenot@yahoo.com

    BalasHapus
  135. assalamualaikum wr.wb pak..
    saya ingin melihat contoh proposal bapak mngenai PTK akuntansi sbg referensi untuk tugas saya.
    tolong email ke mutia.lagan@ymail.com
    ya pak, trims sbelumnya.

    BalasHapus
  136. emailnya sudah saya terima pak .. terimakasih ..

    BalasHapus
  137. Assalamu'alaikum wr wb....
    Maaf Pak Masrukhin....mohon contoh proposal lengkapnya untuk pembelajaran dan pemahaman saya tentang PTK Akuntansi, karena ingin sekali menyusun tapi blm ada gambaran, terima kasih sebelumnya semoga manfaat.

    Email saya: sakdiyah1108@gmail.com

    BalasHapus
  138. Assalamualaikum ..
    Mohon dibantu pak saya sangat tertarik dengan contoh proposal PTK ini .. dan saya ingin mencontoh proposal ini ..
    email saya Azwan.ruslim@yahoo.com

    terimakasih banyak pak ..
    wassalamualaikum ..

    BalasHapus
  139. pak masrukhin...mohon dibantu pak kirimi yang lengkap kami tertarik dengan PTK Bapak....mohon mf sblumnya...
    email saya pak...NAZA17910@GMAIL>COM

    BalasHapus
  140. Assalamu'alaikum wr wb....
    Maaf Pak Masrukhin....mohon bantuan untuk Ibu saya, contoh proposal lengkapnya untuk pembelajaran dan pemahaman saya tentang PTK Akuntansi, karena ingin sekali menyusun tapi blm ada gambaran, terima kasih sebelumnya.
    ini email saya : sekarayu_skul@yahoo.com

    BalasHapus
  141. ass
    proposal ini akan sangat membantu saya

    ismichairani279@gmail.com

    BalasHapus
  142. pk, bisa minta bantuannya, tolong kirimkan contoh proposal ptk akuntansi,

    email ke. mur.shidie@yahoo.com

    timakasih atas bantuannya pk

    BalasHapus
  143. mas minta lebih lengkap soal ptk dumd yg wordsheet ini,,kirim ke mirzareza91@gmail.com

    BalasHapus
  144. setelah saya teliti kayaknya ini sangat bisa membantu dalam penyelesaian tugas kuliah mas atau pak ya panggilnya . . .
    hehehe
    saya minta mas kirim ke alamat ini yaqinthok11@gmail.com

    BalasHapus
  145. pak mohon kami dikirimi yg lengkap ke : maskersifu@gmail.com
    terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  146. pak mohon dikirimi ptk akuntansi yg lengkap ke nopember78@gmail.com ,terimakasih banyak sebelumnya...

    BalasHapus
  147. Asslm... Pak Masrukhin. Semoga kondisi Bpk sht slalu.
    Sy sangat tertarik sekali membaca PTK Worksheet diatas.. Bahasanya sederhana dan mudah dipahami.
    Mohon kiranya bpk transfer PTK diatas dengan lengkap ke email sy ni pak:
    husinakmal42@yahoo.co.id
    atas bantuanya sy ucapkan trima ksh !

    BalasHapus
  148. Ass...Pak Masrukhin salam kenal...minta tlg krmi proposal ptk ekonomi sma untuk pedoman pembuatan PTK.terimakasih.ini alamat emailnya umimaisaroh@yahoo.co.id

    BalasHapus
  149. assalamu'alaikum
    salam kenal pak Masrukhin
    sharing ilmunya pak
    saya tolong dikirim prposa lptk ekonomi sma
    mohon kiranya bapak kirim ptk tersebut ke email : ayahedava@gmail.com
    jazakumullah

    BalasHapus
  150. w'alaikumussalam ww
    Semua permintaan di atas sudah dikirim, semoga bermanfaat n mohon maaf atas keterlambatannya.
    Jika kiriman belum diterima mohon memberi tahu dan mohon dicek apakah alamat emailnya sudah bener n masih aktif atau nggak, terima kasih.

    BalasHapus
  151. Asslm... Pak Masrukhin.
    Saya Yunita :)
    Saya sedang belajar mengenai pembuatan proposal. Saat ini saya sedang kuliah di jurusan akuntansi.. sama sekali belum paham mengenai yang namanya proposal.
    Mohon kiranya Bapak bersedia memberikan contoh proposal di atas agar bisa saya pelajari :)

    jika Bapak berkenan, mohon dikirimkan ke yunita_lpba@yahoo.com
    Terima kasih Banyak.

    Yunita.

    BalasHapus
  152. Asslm..salam kenal pak Masrukhin, mohon bntuannya saya ingin lihat contoh proposal PTK ekonomi lengkap sebagai bahan refrensi saya dalam membuat ptk
    email saya mila09april@gmai.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. w'alaikumussalam ww
      Semua permintaan di atas sudah dikirim, semoga bermanfaat n mohon maaf atas keterlambatannya.
      Jika kiriman belum diterima mohon memberi tahu dan mohon dicek apakah alamat emailnya sudah bener n masih aktif atau nggak, terima kasih.

      Hapus
  153. maaf pak masrukhin filenya belum saya terima,coba bapak kirim ke email ini lagi
    mila09april@gmail.com

    BalasHapus
  154. assalamualaikum pak... tolong kirimkan contoh proposal ptk ekonomi lengkap (woksheet) sebagai bahan referensi saya dalam membuat ptk. email saya juhar.riyah@gmail.com

    BalasHapus
  155. assalamualaikum... maaf pak, filenya belum saya terima. mohon kiriman ptknya pak karena sangat diperlukan untuk bahan referensi saya membuat PTK. email saya juhar.riyah@gmail.com mohon konfirmasinya, terima kasih

    BalasHapus
  156. assalamualaikum... maaf pak, filenya belum saya terima. mohon kiriman PTKnya pak karena sangat diperlukan untuk bahan referensi saya membuat PTK. email saya juhar.riyah@gmail.com mohon konfirmasinya, terima kasih

    BalasHapus
  157. w3, file sudah dikirim lagi, kalau belum diterima mohon ganti alamat email lain yang aktif, tq

    BalasHapus
  158. Pak Masrukhin,,
    Mohon bantuan nya saya ingin melihat contoh proposal lengkap PTK mengenai worksheet..
    email saya jerrydian123@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  159. Pak Masrukhin,,
    Mohon bantuan nya saya ingin melihat contoh proposal lengkap PTK mengenai worksheet..
    email saya samsudin.umar90@yahoo.com

    Terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  160. assalamualaikum pak... tolong kirimkan contoh proposal ptk ekonomi lengkap (woksheet) sebagai bahan referensi saya dalam membuat ptk. ini email saya : arisbudianto74@gmailcom
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...