29 Januari 2012

E-Book ; Tata Cara Shalat Nabi SAW Dari Takbir Hingga Salam


  1. Wajib bagi seorang muslim jika akan melaksanakan  shalat hendaknya dalam keadaan thahir  (suci)  dari hadats  besar (junub,  haidh atau nifas)  dan hadats kecil  (keluar  sesuatu  dari lubang kubul atau  dubur).  Hadats besar terangkat dengan mandi sedangkan hadats  kecil cukup dengan wudhu. Hendaknya bersungguh-sungguh dalam berwudhu dan mengikuti cara wudhu Nabi   .
  2. Disyari'atkan bagi orang yang shalat mengambil sutrah (pembatas) shalat dan diletakkan dihadapannya  jika sebagai imam atau munfarid (shalat sendiri).
  3. Jika shalat sebagai imam hendaknya (sebelum takbiratul ihram) menoleh ke kanan seraya mengatakan: "istawuu (luruskan)" dan ke  kiri seraya mengatakan: "istawuu (luruskan)".
  4. Kemudian  menghadap  kiblat dengan  suluruh  tubuhnya  sambil meniatkan shalat  yang akan  dikerjakannya di  dalam  hatinya  dengan  tidak  melafalkan niatnya,  seperti  mengatakan:  "Ushalli  lillah…   (aku   berniat  shalat…)",   karena melafalkan niat termasuk bid'ah (hal yang diada-adakan).
  5. Kemudian bertakbir takbiratul ihram seraya mengucapkan: [Allahu Akbar] Artinya"Allah Maha Besar"Mengangkat kedua  tangannya  dan  merapatkan jari-jemarinya ke arah kiblat setentang bahu atau daun telinga. Nabi     dahulu  mengeraskan  suaranya  ketika bertakbir  hingga orang yang di belakangnya dapat mendengar. Beliau sesekali  mengangkat          tangannya bersamaan dengan ucapan takbir, sesekali setelah ucapan takbir dan sesekali sebelumnya.
  6. Kemudian jika shalat berjamaah bersama imam, makmum yangdibelakangnya juga mengucapkan "allahu akbar". Setelah selesai   takbir hendaknya pandangannya mengarah ke  tempat sujudnya.
Uraian di atas adalah sebagian dari isi e-book tentang shalat menurut rosulullah SAW dan sangat penting  untuk kita pelajari sebagai seorang muslim yang taat. Karena itu bagi Anda yang tertarik pada e-book tersebut bisa diunduh memalui link di bawah:


Semoga bermanfaat, wassalam

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...