25 Januari 2012

Download Pedoman Penilaian Psikomotor


Pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan).
Pada umumnya penilaian yang dilakukan oleh pendidik lebih menekankan pada penilaian ranah kognitif. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena pendidik kurang memahami penilaian ranah afektif dan psikomotor. Oleh karena itu perlu adanya acuan untuk mengembangkan perangkat penilaian psikomotor.

Pengembangan perangkat penilaian psikomotor ini disusun dengan tujuan agar guru:
  1. memiliki kesamaan pemahaman mengenai penilaian psikomotor; 
  2. mampu mengembangkan perangkat penilaian psikomotor.
Bagi anda yang ingin mempelajari lebih jauh dan detail,
filenya dapat diunduh DI SINI, maka dalam hitungan detik file dokumen sudah menjadi milik anda, silakan dipelajari dan disebarkan dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...