28 Januari 2015

POS dan Kisi-Kisi (SKL) UAMBN 2015 MTs & MA

UAMBN 2015 bagi MTs dan MA telah ditetapkan pelaksanaannya melalui keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor 32 tahun 2015 pada tanggal 5 Januari 2015. Keputusan ini mengatur tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk Jenjang MTs dan MA pada tahun 2014/2015.
UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan,sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.
UAMBN berfungsi sebagai:
  1. bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah,
  2. salah satu syarat ketentuan kelulusan;
  3. umpan balik  dalam perbaikan program pembelajaran  pada MTs dan MA;
  4. alat pengendali mutu pendidikan;
  5. pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA
Beberapa hal pokok dalam keputusan tersebut:
  1. Untuk  mengukur  ketercapaian  kompetensi peserta  didik  sesuai dengan standar  kompetensi lulusan, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir  satuan  pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah
  2. Ujian  Akhir  Madrasah  Berstandar Nasional  Pendidikan Agama Islam dan  Bahasa Arab di MTs dan MA (yang  selanjutnya disebut UAMBN) tahun Pelajaran 2014/2015 diatur melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Peserta didik yang telah mengikuti UAMBN berhak menerima Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SKHUAMBN).
Tujuan dan Fungsi UAMBN:
  1. UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan,sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.
  2. UAMBN berfungsi sebagai:
    • bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah,
    • salah satu syarat ketentuan kelulusan;
    • umpan balik  dalam perbaikan program pembelajaran  pada MTs dan  MA;
    • alat  pengendali mutu pendidikan;
    • pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA
Adapun jadwal UAMBN 2015 untuk MTs dan MA, POS UAMBN 2015 beserta Kisi-Kisi (SKL) UAMBN 2015 mata pelajaran Akidah Akhlak, Fikih, Quran Hadits, SKI dan Bahasa Arab dapat dilihat dan didownload di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...