24 Desember 2011

Proposal PTK Ekonomi Kelas X (Bentuk Pasar)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BENTUK-BENTUK PASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL  MAKE A MATCH

 
 Oleh: Masrukhin, M.Pd

I.      PENDAHULUAN

1.1       Deskripsi Masalah

Rendahnya kemampuan siswa untuk memahami bentuk-bentuk pasar dengan model diskusi merupakan fakta bahwa metode pembelajaran dengan cara diskusi perlu ditinjau kembali untuk tidak digunakan lagi sebagai metode mengajar di kelas, sehingga perlu dicarikan solusi agar ada perubahan terhadap mutu pembelajaran Ekonomi khususnya dalam memahami Bentuk-Bentuk Pasar.
Metode baru yang dirasa mampu memperbaiki mutu pembelajaran pada Kompetensi Dasar Bentuk-bentuk Pasar ini adalah Metode Kooperatif Model MAKE A MATCH.  Metode Make A Match merupakan metode yang dirasa dapat memberikan solusi untuk memperbaiki metode sebelumnya.  (Penugasan menghafal) sebagai bekal untuk diskusi dianggap kurang mampu memberikan hasil yang memuaskan. Bahkan pemberian tugas untuk menghafal kepada siswa akan menciptakan situasi jenuh dalam belajar di dalam kelas dan menciptakan kondisi mutu pembelajaran yang semakin rendah jika dipaksakan  kepada siswa.
Pentingnya mencari solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Bentuk-bentuk Pasar, karena sebagai syarat ketuntasan belajar di kelas X juga sebagai bekal  untuk memamtapkan di dunia kerja.  Oleh sebab itu, penulis mengangggap pentingnya siswa memahami secara utuh bentuk-bentuk pasar sehingga menjadikan alasan pemilihan judul dalam Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kondisi Sosial – Ekonomi Siswa MAN Paron Ngawi juga menjadi salah satu penyebab sukarnya siswa mentarnsfer mata pelajaran Ekonomi khususnya memahami bentuk-bentuk pasar. Penugasan menghafal di luar kelas kepada siswa, tidak efektif dikarenakan waktu yang tersedia tidak cukup untuk melakukan hal tersebut.  Dari keterbatasan waktu menghafal tersebut, maka pelaksanaan diskusi tidak berjalan dengan baik.  Siswa cenderung vacuum atau tidak bergairah serta  dominan menjadi peserta pasif di dalam kelas.
Dari alasan yang bersifat spesifik  seperti diatas, penulis juga mencari pemecahan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas X pada khususnya mata Pelajaran Ekonomi.  Metode bermain sambil belajar, yang dijadikan alternatif meningkatkan pemahaman Bentuk-bentuk pasar di kelas X ini  adalah  Motode Pembelajaran Kooperatif Model MAKE A MACH.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
(1)  Apakah yang menjadi penyebab siswa sulit memahami materi tentang bentuk-bentuk pasar ?
(2)  Bagaimanakan upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang bentuk-bentuk pasar ?
(3)  Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dari model diskusi ke model pembelajaran  MAKE A MATCH.

1.3       Tujuan Penelitian
(1)        Untuk menemukan kesulitan-kesulitan siswa  dalam memahami bentuk-bentuk pasar.
(2)        Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bentuk-bentuk pasar
(3)        Untuk mengetahui tingkat pemehaman siswa tentang bentuk-bentuk pasar setelah mengikuti pembelajaran model Make A MATCH.

1.4       Manfaat Hasil Penelitian
Bagi  Guru :
-     Meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dalam mengajar.
-     Mampu mengevaluasi cara mengajar yang selama ini sudah dilaksanakan
-     Mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang pengajaran dan penelitian.
Bagi Siswa :
Hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang bentuk-bentuk pasar.
Bagi Sekolah :
Hasil penelitian diharapkan  dapat memberi sumbangan pemikiran bagi MAN Paron Ngawi.





II.     KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN.
2.1       KAJIAN PUSTAKA
A.  DEFINISI  PTK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan guru di dalam kelas. Dibawah ini definisi Penelitian Tindakan Kelas menurut beberapa tokoh :
-     John Elliot (1982), bahwa yang dimaksud PTK ialah kajian tentang situasi social dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya.  Seluruh prosesnya mencakup, telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengaruh menciptakan hubungan yang diperlukan antara diri dari perkembangan  profesional.
-         Kemmis dan Mc Taggart (1988), menyatakan bahwa PTK adalah suatu bentuk refleksi dari kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi social untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik-praktik itu dan terdapat situasi tempat dilakukan praktik-praktik tersebut.
-         Carr dan Kemmis seperti yang dikutip oleh Siswojo Hardijodipuro dikatakan bahwa yang dimaksud dengan istilah PTK adalah suatu bentuk refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (guru, siswa atau kepala sekolah) dalam situasi-situasi social (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran.
-         Hardjodipuro, mendefinisikan  PTK adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong para guru untuk memikirkan praktik mengajarnya sendiri, agar kritis terhadap praktik tersebut, dan agar mau  untuk mengubahnya. (Hardjodipuro, 1997)
PTK bukan sekedar mengajar, PTK mempunyai makna sadar dan kritis terhadap mengajar dan menggunakan kesadaran kritis terhadap dirinya sendiri untuk bersiap terhadap proses perubahan-perubahan perbaikan proses pembelajaran.
Berdasarkan pendapat-pendapat  diatas, jelaslah bahwa dilakukannnya PTK adalah dalam rangka guru bersedia untuk mengintrospeksi , bercermin, merefleksi atau mengevaluasi dirinya sendiri sehingga kemampuannya sebagai guru diharapkan cukup profesional.

B.  DEFINISI DAN RUANG LINGKUP PASAR

Pengertian Pasar


Definisi pasar  saat ini tidaklah sama dengan jaman dulu, hal ini dikarenakan makna pasar sudah mengalami perubahan atau perluasan seiringan dengan perkembangan jaman, namun secara garis besarnya masih ada kesamaan.   Berikut adalah definisi pasar  :
-         Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.     Jika pasar dalam arti sempit ini menekankan pada tampat, namun berbeda dengan definisi pasar dalam ilmu ekonomi, dimana pasar menurut ilmu ekonomi tidak terikat oleh tempat, namun ditentukan oleh transaksi. (Drs. Teguh Sihono, dkk, MM;    2004 :03)
-         Pasar adalah tempat konsumen memperoleh barang atau jasa;.   atau definisi lain dari pasar  menurut Sukiwaty  adalah “Pasar  ialah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual” ;(Dra. Hj. Sukwiaty, dkk)
-         Pasar adalah suatu organisasi dimana pembeli  dan penjual barang  atau jasa tertentu saling berinteraksi  baik secara langsung maupu tidak langsung ; (Drs. Teguh Sihono, dkk)
Dari  definisi pasar seperti diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, definisi pasar dapat dilihat dari  makna sempit dan makna luas.
 
Fungsi Pasar
Fungsi-fungsi pasar adalah sebagai berikut :
a)      Sebagai penentu nilai
b)     Organisasi Produksi
c)      Distribusi  produk
 
Bentuk-Bentuk Pasar
Bentuk pasar dapat dilihat dalam dua bentuk, yaitu pasar dalam bentuk nyata dan pasar dalam bentuk abstrak.  Contoh pasar nyata adalah pasar tradisonal, sedangkan  pasar abstrak adalah pasar yang hanya membawa contoh barang saja, atau tidak ada pertemuan secara langsung antar penjual dan pembeli.  Namun jika dilihat dari sisi permintaan dan sisi penawaran, pasar dapat dibagi  seperti ditunjukkan dalam skema berikut :
(dan seterusnya...!)
Untuk mendapatkan file contoh proposal lengkap secara GRATIS caranya sbb:

  1. Silakan sampaikan komentar anda pada kotak komentar di bawah dan tulis e-mail anda.
  2. Tulis e-mail anda:
    Delivered by FeedBurner
  3. Selanjutnya silakan kirim SMS ke nomor: 085235619400 atas nama Masrukhin, untuk mengingatkan n memberitahu saya tentang permintaan anda.
  4. Silakan tunggu saja, file proposal secara lengkap insya Alloh segera saya kirim, trims n semoga bermanfaat....!
PENTING!
     Karena kesibukan dan lain hal sehingga mengakibatkan permintaan file proposal PTK terlambat dan bahkan sampai tidak dikirim, maka dari itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan untuk selanjutnya file langsung bisa diunduh/didownload dengan cara KLIK tautan di bawah ini:

PROPOSAL PTK EKONOMI: BENTUK PASAR
        untuk refreshing silakan kunjungi link berikut: http://mas-laroyba.blogspot.com/

67 komentar:

  1. iya donk, thx atas kunjungannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon
      PTK Ekonomi x send to email saya : uthy_shofiy@ymail.com
      saya sangat perlu sekali utk pembuatan makalah.kl ada yg tentang masalah ekonomi&kelangkaan barang dan jasa, mohon juga utk di send ya pak...subhanallah, terbantu sekali saya dgn materi2 ekonomi sma yang ada di blog bpk

      Hapus
    2. tolong kirimkan PTK ekonomi kelas XII
      email : chiezy_girly@yahoo.com

      terima kasih

      Hapus
    3. Pak,...tolong dikirimkan file lengkapnya ke edo_ghele@yahoo.com,....
      trims sebelumnya

      wasalam

      Hapus
  2. tolong minta file lengkapnya pak...
    kirim ke emaill saya
    mahesajar@gmail.com
    trimmm

    BalasHapus
  3. pak mohon dikirim proposalnya ke
    adi_caizer@yahoo.com

    BalasHapus
  4. akhmad adi purnawarman26 Maret 2012 pukul 08.05

    mohon dikirimin proposal ptk utk ekonomi kelas X,XI dan XII SMA dong mas

    BalasHapus
  5. akhmad adi purnawarman26 Maret 2012 pukul 08.10

    mohon maaf ini alamaat email saya mas "adie.berlin@yahoo.com

    BalasHapus
  6. mohon dikirim proposal ptk ekonominya pak.. trima kasih. ini alamat email saya: sarmilasari27@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. ass...
    pa bisa kirimkan file lengkapnya yah PTK tentang pasar
    email saya, abdulhasan_buton@yahoo.co.id

    BalasHapus
  8. Terima kasih pencerahannya. Saya berencana akan mengadakan PTK, mohon bantuannya bisa di emailkan ke saya proposal lengkap yang bapak telah susun tersebut untuk bahan referensi dan kajian buat saya. atas bantuan dan kebaikan bapak saya sampaikan terima kasih.
    Salam,
    Didin
    didinov@yahoo.com

    BalasHapus
  9. pak, mohon dibantu file lengkapnya, tolong dikirim ke email saya: aysaralfaiq@yahoo.co.id
    trima ksh.

    BalasHapus
  10. pak, mohon bantuan file selengkapnya. tolong dikirim ke email saya. terimakasih pak : justika.aulya@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. file dah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  11. mhon kirimkan ptk tentang pasarnya pak ke budisago92@gmail.com makasih semoga jadi amal kebaikan. amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. file dah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  12. Assalamu'alakum Pak
    Bisa minta tolong dikirimin juga contohn PTK ekonomi nya yg lengkap untuk SMP dan SMA ?
    Email saya : yellias@hotmail.com
    Terimakasih banyak Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file dah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  13. Asslamualaikum WW
    Pak Mas, mohon bantuannya, tolong file selengkapnya dikirim ke email saya: affandi.putra@rocketmail.com
    Terimakasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
    2. Terima kasih Pak Mas. Proposalnya sudah saya terima.

      Hapus
  14. Pak tolong kirimkan file nya. terima kasih
    agathomas23@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  15. Asalamualaikum wr wb. Pak tolong kirimkan file nya contoh proposal ekonomi/akuntansi sbg bahan referensi. terima kasih
    mfahmi40@gmal.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam w2
      file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  16. pak. tolong kirimkan contoh file ptk ekonomi kelas X.
    terimah kasih.
    Email saya : vinthatefillamandey@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dikirim, semoga bermanfaat n konfirmasi kalau sudah nyampai, trims

      Hapus
  17. pak saya juga donk minta proposal akuntansi yg ini, ke anikguruma@yahoo.com, terima kasih

    BalasHapus
  18. mau donk pak.......email k sy jg ke denisusanti71@rocketmail.com, trims ya........salam dr kalteng

    BalasHapus
  19. pa proposal ptk bentuk2 pasar juga saya minta tolong kirim filenya ke iyungyun08@gmail.com terima kasih bantuannya ya pa

    BalasHapus
  20. pak tlong kirimkan ke alamat emai saya..antonius.jpora@gmail.com...
    saya sangat membutuhkan proposal ini...
    terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
  21. Pak Masrukhin tolong kirimkan file ptk kelas X, sebagai bahan referensi untuk saya, terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
  22. Pak Masrukhin tolong kirimkan file ptk kelas X, sebagai bahan referensi untuk saya, terimakasih atas bantuannya..email saya lestari0982@yahoo.com

    BalasHapus
  23. Assalamuallaikum pak., saya minta bantuan bapak untk memberikan contoh proposal PTK mata pelajaran ekonomi pak., ini untuk tambahan wawasan saya membuat proposal untuk skripsi... trimakasih... cahyo_pamungkas01@yahoo.co.id

    BalasHapus
  24. Pak Masrukhin trima kasih sudah berbagi, mohon dikirim ke e-mail: kucer01@yahoo.co.id. Smoga mendapat balasan yang setimpal.

    BalasHapus
  25. pak, minta tolong dikirimkancontoh ptk ekonomi ke email saya eyjnia@gmail.com

    BalasHapus
  26. pak, mohon dikirmkan contoh ptk ekonomi ke email saya pakguru_usman17@yahoo.com. semoga sukses selalu pak

    BalasHapus
  27. Pak bisa mohon bantuannya dikirimkan contoh ptk ekonomi lengkapnya ke email sya serlyhs@yahoo.com . . . sebelumnya terimakasih pak. . .

    BalasHapus
  28. Pak bisa mohon bantuannya dikirimkan contoh ptk ekonomi lengkapnya ke email sya iandwiputera@yahoo.co.id . . . sebelumnya terimakasih pak. . .

    BalasHapus
  29. kirimkan contoh file PTK ekonomi ke email saya..saya sangat membutuhkan..( spirit_funk90@yahoo.com )thnks before..

    BalasHapus
  30. tolong secepat nya ya saaya sangat membutuhkan nya pak...thnks,,

    BalasHapus
  31. Pak mohon dikirimkan PTK ekonomi ke email saya : gustiana_ika@yahoo.co.id terima kasih pak :)

    BalasHapus
  32. assalamu'alaikum pak..saya Heri, sedang coba membuat ptk. minta tolong kirim file lengkap ptk nya ke alamat e-mail ah20865@yahoo.com

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum dan Selamat malam Pak Masrukhin,

    perkenalkan saya Eko di Malang, mohon bantuannya ya Pak untuk mengirimkan file lengkap PTK Ekonomi SMAnya, untuk refernsi dan belajar saya, terima kasih atas perhatiannya ya Pak !
    email saya eko_heri8@yahoo.co.id

    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum, salam kenal Pa,
    Saya Heri, mohon kiranya bapak untuk mengirimkan file lengkap PTK Ekonomi SMA ke email saya heri.busyaeri@gmail.com
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  35. ass. bapak tolong kirim PTK ekonomi kelas X ke rira_adjah@ymail.com... bls

    terima kasih

    BalasHapus
  36. pak.tolong file ptk ini dikirim ke e_mail saya nurhidayah_harahap@ymail.com, kalau proposal ptk ekonomi tentang kebutuhan manusia juga ada, tolong dikirim ke e_mail saya,,
    terima kasih.

    BalasHapus
  37. Salam...
    Saya mohon dikirimkan contoh laporan PTK lengkap ekonomi SMA. Terima kasih. arhynaakkas@gmail.com

    BalasHapus
  38. pak, tolong kirim file k inira.chan@ymail.com
    ditunggu
    trimz...

    BalasHapus
  39. ASW.
    pak, saya butuh PTK untuk referensi , Saya mohon dikirimkan contoh laporan PTK lengkap ekonomi SMA. ke faridha.rahayu@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  40. assalamualaikum ,pak tolong kirim contoh PTK Ekonomi Kelas X lengkap ke alamat email rio_himuraz@yahoo.com
    Terimkasih PAK

    BalasHapus
  41. tolong kirim file ke bagas.abima@gmail.com untuk referensi tugas saya

    BalasHapus
  42. assalamualaikum,, pak tolong kirimkan donk contoh PTK Ekonomi Kelas X yang lengkap ke email mislahse@ymail.com

    trimakasih pak ,,,,

    balas

    BalasHapus
  43. Pak mohon dikirimkan ptk ekonomi kelas x yang lengkap ke email aswanipower@ymail.com
    makasih ya pak

    BalasHapus
  44. Pak mohon dikirimkan ptk ekonomi kelas x yang lengkap ke email :
    faisalbagusaidilfajri@gmail.com

    BalasHapus
  45. Bagus PTK Nya, mohon kirim ke email aiuaditya@yahoo.co.id
    makasih

    BalasHapus
  46. assalamu'alaikum
    salam kenal pak masrukhin
    sharing ilumnya moga bermanfaat
    tolong saya kirimi ptk ekonomi sma ke email : ayahedava@gmail.com
    jazakumullah

    BalasHapus
  47. Ass. Pak mhn bgi2 ilmunya ke q, smg jd amal baik anda. amin...
    mhn krmi contoh PTK ekon SMA kelas X or XI. Mtrnwn Was...
    krm ke chashithondut@ymai.com

    BalasHapus
  48. assalam pak, bs minta tlg krm ptk ekonomi sma di iwan7447@gmail.com
    mksh sebelumnya

    BalasHapus
  49. aslm..bpk,mhntlg kirimkan ke email saya ngasr.smart@gmail.com..trmksh

    BalasHapus
  50. maaf pak ini yang kemarin malam tlp dari sumenep madura, minta tolong untuk dikirimi file PTK ke email : mimin_yuni81@yahoo.com
    makasih banyak pak

    BalasHapus
  51. assalamu alaikum, tolong pak dikirimkan PTK lengkap ekonomi SMA
    ke email ummuathifah80@gmail.com
    sebelumnya sy ucapkan terima kasih dan semoga kebaikan bapak mendapatkan balasan dari ALLAH SWT.

    BalasHapus
  52. assalamu alaikum,salam kenal pak bisa minta tolong kirimkan file ptk ekonomi ke alamat e mail saya Lina tresnadi@yahoo.com,makasih byk sebelumnya atas bantuan&sharing ilmunya

    BalasHapus
  53. Pak, mohomdikirimi file PTK Ekonomi kelas XI ke email utomokurniawan8@gmail.com,, sebelumnya saya ucapkan banyak@terima kasih,smoga kebaikan Bapak dicatat sebagai amal kebaikan.. amin///

    BalasHapus
  54. aslm.. pa minta dikirim dong ke alamat abdulfatah1981@yahoo.co.id ... trims atas kebaikan bapa ...

    BalasHapus
  55. Asslkum..
    Gan..minta tolong dong bagi Contoh PTK judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BENTUK-BENTUK PASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH..
    Email: m.juanda59@yahoo.co.id
    Terimakasih gan sebelumnya..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...