24 Desember 2011

Proposal PTK Ekonomi Kelas X (Bentuk Pasar)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BENTUK-BENTUK PASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL  MAKE A MATCH

 
 Oleh: Masrukhin, M.Pd

I.      PENDAHULUAN

1.1       Deskripsi Masalah

Rendahnya kemampuan siswa untuk memahami bentuk-bentuk pasar dengan model diskusi merupakan fakta bahwa metode pembelajaran dengan cara diskusi perlu ditinjau kembali untuk tidak digunakan lagi sebagai metode mengajar di kelas, sehingga perlu dicarikan solusi agar ada perubahan terhadap mutu pembelajaran Ekonomi khususnya dalam memahami Bentuk-Bentuk Pasar.
Metode baru yang dirasa mampu memperbaiki mutu pembelajaran pada Kompetensi Dasar Bentuk-bentuk Pasar ini adalah Metode Kooperatif Model MAKE A MATCH.  Metode Make A Match merupakan metode yang dirasa dapat memberikan solusi untuk memperbaiki metode sebelumnya.  (Penugasan menghafal) sebagai bekal untuk diskusi dianggap kurang mampu memberikan hasil yang memuaskan. Bahkan pemberian tugas untuk menghafal kepada siswa akan menciptakan situasi jenuh dalam belajar di dalam kelas dan menciptakan kondisi mutu pembelajaran yang semakin rendah jika dipaksakan  kepada siswa.
Pentingnya mencari solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Bentuk-bentuk Pasar, karena sebagai syarat ketuntasan belajar di kelas X juga sebagai bekal  untuk memamtapkan di dunia kerja.  Oleh sebab itu, penulis mengangggap pentingnya siswa memahami secara utuh bentuk-bentuk pasar sehingga menjadikan alasan pemilihan judul dalam Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kondisi Sosial – Ekonomi Siswa MAN Paron Ngawi juga menjadi salah satu penyebab sukarnya siswa mentarnsfer mata pelajaran Ekonomi khususnya memahami bentuk-bentuk pasar. Penugasan menghafal di luar kelas kepada siswa, tidak efektif dikarenakan waktu yang tersedia tidak cukup untuk melakukan hal tersebut.  Dari keterbatasan waktu menghafal tersebut, maka pelaksanaan diskusi tidak berjalan dengan baik.  Siswa cenderung vacuum atau tidak bergairah serta  dominan menjadi peserta pasif di dalam kelas.
Dari alasan yang bersifat spesifik  seperti diatas, penulis juga mencari pemecahan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas X pada khususnya mata Pelajaran Ekonomi.  Metode bermain sambil belajar, yang dijadikan alternatif meningkatkan pemahaman Bentuk-bentuk pasar di kelas X ini  adalah  Motode Pembelajaran Kooperatif Model MAKE A MACH.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
(1)  Apakah yang menjadi penyebab siswa sulit memahami materi tentang bentuk-bentuk pasar ?
(2)  Bagaimanakan upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang bentuk-bentuk pasar ?
(3)  Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dari model diskusi ke model pembelajaran  MAKE A MATCH.

1.3       Tujuan Penelitian
(1)        Untuk menemukan kesulitan-kesulitan siswa  dalam memahami bentuk-bentuk pasar.
(2)        Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bentuk-bentuk pasar
(3)        Untuk mengetahui tingkat pemehaman siswa tentang bentuk-bentuk pasar setelah mengikuti pembelajaran model Make A MATCH.

1.4       Manfaat Hasil Penelitian
Bagi  Guru :
-     Meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dalam mengajar.
-     Mampu mengevaluasi cara mengajar yang selama ini sudah dilaksanakan
-     Mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang pengajaran dan penelitian.
Bagi Siswa :
Hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang bentuk-bentuk pasar.
Bagi Sekolah :
Hasil penelitian diharapkan  dapat memberi sumbangan pemikiran bagi MAN Paron Ngawi.




II.     KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN.
2.1       KAJIAN PUSTAKA
A.  DEFINISI  PTK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan guru di dalam kelas. Dibawah ini definisi Penelitian Tindakan Kelas menurut beberapa tokoh :
-     John Elliot (1982), bahwa yang dimaksud PTK ialah kajian tentang situasi social dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya.  Seluruh prosesnya mencakup, telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengaruh menciptakan hubungan yang diperlukan antara diri dari perkembangan  profesional.
-         Kemmis dan Mc Taggart (1988), menyatakan bahwa PTK adalah suatu bentuk refleksi dari kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi social untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik-praktik itu dan terdapat situasi tempat dilakukan praktik-praktik tersebut.
-         Carr dan Kemmis seperti yang dikutip oleh Siswojo Hardijodipuro dikatakan bahwa yang dimaksud dengan istilah PTK adalah suatu bentuk refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (guru, siswa atau kepala sekolah) dalam situasi-situasi social (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran.
-         Hardjodipuro, mendefinisikan  PTK adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong para guru untuk memikirkan praktik mengajarnya sendiri, agar kritis terhadap praktik tersebut, dan agar mau  untuk mengubahnya. (Hardjodipuro, 1997)
PTK bukan sekedar mengajar, PTK mempunyai makna sadar dan kritis terhadap mengajar dan menggunakan kesadaran kritis terhadap dirinya sendiri untuk bersiap terhadap proses perubahan-perubahan perbaikan proses pembelajaran.
Berdasarkan pendapat-pendapat  diatas, jelaslah bahwa dilakukannnya PTK adalah dalam rangka guru bersedia untuk mengintrospeksi , bercermin, merefleksi atau mengevaluasi dirinya sendiri sehingga kemampuannya sebagai guru diharapkan cukup profesional.

B.  DEFINISI DAN RUANG LINGKUP PASAR

Pengertian Pasar


Definisi pasar  saat ini tidaklah sama dengan jaman dulu, hal ini dikarenakan makna pasar sudah mengalami perubahan atau perluasan seiringan dengan perkembangan jaman, namun secara garis besarnya masih ada kesamaan.   Berikut adalah definisi pasar  :
-         Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.     Jika pasar dalam arti sempit ini menekankan pada tampat, namun berbeda dengan definisi pasar dalam ilmu ekonomi, dimana pasar menurut ilmu ekonomi tidak terikat oleh tempat, namun ditentukan oleh transaksi. (Drs. Teguh Sihono, dkk, MM;    2004 :03)
-         Pasar adalah tempat konsumen memperoleh barang atau jasa;.   atau definisi lain dari pasar  menurut Sukiwaty  adalah “Pasar  ialah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual” ;(Dra. Hj. Sukwiaty, dkk)
-         Pasar adalah suatu organisasi dimana pembeli  dan penjual barang  atau jasa tertentu saling berinteraksi  baik secara langsung maupu tidak langsung ; (Drs. Teguh Sihono, dkk)
Dari  definisi pasar seperti diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, definisi pasar dapat dilihat dari  makna sempit dan makna luas.
 
Fungsi Pasar
Fungsi-fungsi pasar adalah sebagai berikut :
a)      Sebagai penentu nilai
b)     Organisasi Produksi
c)      Distribusi  produk
 
Bentuk-Bentuk Pasar
Bentuk pasar dapat dilihat dalam dua bentuk, yaitu pasar dalam bentuk nyata dan pasar dalam bentuk abstrak.  Contoh pasar nyata adalah pasar tradisonal, sedangkan  pasar abstrak adalah pasar yang hanya membawa contoh barang saja, atau tidak ada pertemuan secara langsung antar penjual dan pembeli.  Namun jika dilihat dari sisi permintaan dan sisi penawaran, pasar dapat dibagi  seperti ditunjukkan dalam skema berikut :
(dan seterusnya...!)
Untuk mendapatkan file contoh proposal lengkap secara GRATIS caranya sbb:

  1. Silakan sampaikan komentar anda pada kotak komentar di bawah dan tulis e-mail anda.
  2. Tulis e-mail anda:
    Delivered by FeedBurner
  3. Selanjutnya silakan kirim SMS ke nomor: 085235619400 atau 085675629475 atas nama Masrukhin, untuk mengingatkan n memberitahu saya tentang permintaan anda.
  4. Silakan tunggu saja, file proposal secara lengkap insya Alloh segera saya kirim, trims n semoga bermanfaat....!
untuk refreshing silakan kunjungi link berikut: http://mas-laroyba.blogspot.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadwal Siaran Bola